13 Persoalan Rumah Tangga Ini Kerap Membuat Pernikahan Makin Beracun
Relationship

13 Persoalan Rumah Tangga Ini Kerap Membuat Pernikahan Makin Beracun

Selasa, 24 Des 2019 | 11:49 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Membangun kehidupan rumah tangga yang bahagia memerlukan penyesuaian dan sikap saling mengerti antar pasangan. Perbedaan yang muncul seiring berjalannya waktu harus disikapi dengan bijak. Kerjasama yang kuat menjadi tiang pernikahan yang bahagia.

Mengutip Reader’s Digest, ada baiknya kamu mengetahui hal-hal khusus yang umumnya bisa merusak rumah tangga seperti di bawah ini, agar kamu bisa mengidentifikasi masalah dan cepat-cepat memperbaiki hubungan.

1. Tidak meluangkan waktu bersama

Meski kita tak memungkinkan selalu bersama tiap detik, bagaimana pun juga kita harus menyediakan lebih banyak waktu luang dengan pasangan daripada orang lain.

"Menciptakan waktu reguler untuk bersama pasangan dan melakukan hal-hal yang menyenangkan sangat penting untuk pernikahan yang langgeng dan sukses,” kata Lesli MW Doares, seorang konsultan dan pelatih pernikahan.

2. Tidak saling menghormati

Mengeluhkan hal-hal kecil dan karenanya menyalahkan pasangan, ini bisa berakhir sebagai saling mengkritik secara personal, seperti “kamu egois, pemalas, dan jorok”. Sikap semacam ini membuat hubungan semakin bermasalah

"Hal seperti ini memang tidak terjadi dalam semalam. Tapi, kekesalan yang tumbuh sedikit demi sedikit ini lambat laun akan merusak pernikahan," kata Doares.

3. Bertengkar soal uang

Pada satu titik, ketika pasangan tidak sepakat soal cara mendapatkan, menyimpan, atau membelanjakan uang, ini akan menjadi masalah besar yang mengancam biduk pernikahan. Menurut Bonnie Winston, selaku pakar hubungan, keputusan soal keuangan sangat penting disepakati bersama.

"Siapapun yang memiliki penghasilan tertinggi dalam hubungan tidak harus mengambil kendali penuh atas pengeluaran," katanya.

4. Bertengkar karena hal yang sama berkali-kali

Menurut The Gottman Institute, bertengkar karena hal yang sama berulang kali menunjukan perbedaan gaya hidup dan kepribadian antara kita dan pasangan.

“Ini mungkin mengarah pada perceraian jika kamu membiarkan pertengkaran tersebut secara serius meningkat, terus berdebat, menutup diri, menolak untuk berbicara, atau menyalahkan secara berlebihan,” kata Marni Feuerman, seorang psikoterapis berlisensi.

TAGS:
rumah tanggapernikahanperbedaan gaya hidupPertengkarantoxicemosional

RELATED STORIES

Loading interface...