3 Negara Larang Penggunaan Boeing 737 MAX 8

Daniel
Daniel

3 Negara Larang Penggunaan Boeing 737 MAX 8 Boeing 737 MAX 8

Winnetnews.com - Insiden jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines membuat banyak maskapai yang menggunakan jenis pesawat serupa khawatir. Setelah China dan Ethiopia yang memutuskan untuk melarang penggunaan Boeing 737 MAX 8, Indonesia akhirnya mengambil langkah serupa.

Jatuhnya Ethiopia Airlines merupakan insiden kedua yang melibatkan jenis pesawat Boeing 737 MAX 8 dalam kurun waktu lima bulan terakhir. Jenis peswat serupa digunakan oleh maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 yang terjatuh di perairan Jawa pada Oktober 2018.

Pasca tragedi Ethiopia Airlines, pemerintah China dan Ethiopia langsung memerintahkan setiap maskapai untuk tidak terbang dengan pesawat jenis tersebut. Menurut kabar yang dikutip dari Aljazeera, di China sebanyak hampir 100 pesawat Boeing737 Max 8 dilarang untuk mengudara.

Indonesia menyusul dengan memberlakukan larangan terbang sementara atau temporary grounded. Hal itu bertujuan untuk memastikan kondisi pesawat Boeing 737 Max 8 layak terbang. Di Indonesia sendiri ada dua maskapai yang memiliki jenis pesawat tersebut yakni Lion Air dan Garuda Indonesia.

“Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Ditjen Hubud adalah melakukan inspeksi dengan cara larang terbang sementara untuk memastikan kondisi pesawat jenis tersebut layak terbang dan langkah tersebut disetujui oleh Menteri Perhubungan,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti.