3 Produk Skincare yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berminyak
Foto: Style Vanity
Fashion & Beauty

3 Produk Skincare yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berminyak

Jumat, 20 Nov 2020 | 18:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kulit berminyak akan membuat wajah kita “berkilau” saat di sore hari dan menimbulkan kemrahan di area pipi. Kilau yang ada di kulit dapat diartikan bahwa kelenjar minyak di kulit kita terlalu aktif.

Purvisha Patel, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare mengatakan, kita akan tahu memiliki kulit berminyak jika kulit mengkilap setelah mencuci muka dan cenderung mudah berjerawat.

“Ini terjadi karena kelenjar sebaceous berproduksi berlebih,” kata Purvisha Patel dikutip Well and Good.

Penting untuk mengetahu jenis kulit yang dimiliki sebelum menggunakan produk perawatan. Pasalnya, beberapa kandungan bahan yang digunakan dapat memberikan dampak yang berbeda pada setiap jenis kulit.

Patel menyarankan untuk memilih perawatan kulit yang terdiri dari pembersih lembut, chemical exfoliant, retinol, dan pelembab ringan. Menurutnya, retinol dapat mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi produksi minyak.

Berikut ini adalah beberapa jenis skincare yang tidak boleh digunakan oleh orang yang kulitnya berminyak.

Sabun cuci dengan banyak busa

kulit berminyak
Foto: NBC News

Pembersih yang memiliki busa, bsia membuat kulit terkelupas secara berlebihan. Saat digunakan mungkin jenis sabun cuci muka ini membuat kulit terasa bersih, namun ternyata dapat berdampak buruk jika terlalu sering digunakan. Dokter kulit kosmetik bersertifikat, Shereene Idriss, MD, mengatakan kalau sabun cuci muka jenis ini dapat membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak.

Produk eskfoliasi dengan bahan yang keras

Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit, tapi orang yang memiliki kulit berminyak, harus melakukannya dengan hati-hati.

“Exfoliant dan toner yang keras harus dihindari karena dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan sebagai kompensasi,” kata Mona Gohara, MD, dokter kulit bersertifikat. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung asam berbasis buah yang lembut.

Bahan oklusif

Bahan ini dapat menimbulkan kerumitan bagi semua jnis kulit, tetapi sangat tidak disarankan untuk digunakan oleh orang dengan tipe kulit berminyak. Shereene Idriss mengatakan untuk menghindari penggunaan petroleum jelly atau minyak kelapa. Kedua jenis produk tersebut, diketahui dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat yang besar.

TAGS:
kulit berminyakproduk skincarepetroleum jelly

RELATED STORIES

Loading interface...