3000 Lukisan Potrait Obama Dipamerkan di New York
Foto: Huffington Post
Internasional

3000 Lukisan Potrait Obama Dipamerkan di New York

Senin, 19 Des 2016 | 11:30 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pada 20 juni 2009 lalu, terpilih sebagai presiden ke-44. Untuk memberi penghormatan kepada Obama,seniman bernama Rob Pruitt langsung melukis potraitnya. Ada sekitar3000 lukisan potrait Obama sudah dibuatnyadan kini tengah dipamerkan secara besar-besaran di New York.

Pameran tersebut bertajuk 'The Obama Paintings', dia menampilkan potongan-potongan karya seni Obama di gedung Gavin Brown, New York. Kanvas persegi memenuhi ruang galeri, digantung dari lantai hingga ke langit-langit di setiap dinding, ada juga yang ditumpuk layaknya tumpukan buku perpustakaan. Namun, ada juga yang ditampilkan dalam urutan tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (19/12), Pruitt memulai proyeknya karena terinspirasi dari energi Obama serta visi misinya bagi Amerika. "Saya terbiasa membuat karya yang mengolok-olok budaya kemewahan selebriti dan kemunafikan dunia seni, tapi proyek kali ini adalah cinta yang murni," katanya.

3000 lukisan Obama

Foto: Huffington Post

Sebelumnya Pruitt pernah memamerkan lukisan Obama tapi yang sekarang adalah terbesar dan terbanyak yang berhasil dilukiskan. Kini, dia menganggap momen yang pas bagi lukisannya, hingga pelantikan Trump nanti.

"Saya tidak percaya era Obama akan berakhir dan sekarang seperti kebanyakan orang Amerika lainnya, saya memiliki keprihatinan yang serius dengan terpilihnya Trump," ujarnya mengomentari terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika.

3000 Lukisan Obama

Rob Pruitt adalah seniman kelahiran 1964 silam. Pameran tunggalnya pernah berlangsung di Museum of Contemporary Art Detroit (2015), the Brant Foundation Art Study Center (2015), Museum Dhondt Daenens (2014), the Aspen Art Museum (2013), the American Academy in Rome (2008) and the Contemporary Arts Center, Cincinnati (2001). Kini, Pruitt tinggal dan bekerja di New York.

TAGS:
karya seniLukisan Potrait Obama3000 Lukisan ObamaThe Obama Paintings

RELATED STORIES

Loading interface...