4 Bahaya Konsumsi Gluten Berlebihan
Foto: drschaer.com
Lifestyle

4 Bahaya Konsumsi Gluten Berlebihan

Selasa, 7 Apr 2020 | 17:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Gluten merupakan zat protein yang ada di dalam tepung gandum. Gluten memiliki sifat zat yang mampu menyinergikan berbagai macam bahan makanan. 

Belakangan ini, banyak jajajan yang menyajikan makanan mereka dengan gluten. Pasalnya gluten disebut berpotensi menganggu kesehatan manusia. Gluten juga diketahui mengandung peptida, yakni zat protein yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari gluten yang perlu diketahui.

Gangguan tulang (osteoporosis)

Salah satu efek negatif dari konsumsi gluten terlalu sering, yakni terjadinya gangguan pada kondisi tulang. Zat-zat baik yang diserap oleh makanan akan hilang oleh peptida jika gluten dikonsumsi secara berlebihan. 

Menyebabkan gizi buruk

Gluten mengandung zat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Sehingag orang yang mengonsumsinya secara berlebih akan lebih mudah terserang penyakit. Selain itu, gizi buruk juga akan terjadi dan menyebabkan tubuh sulit melawan bakteri serta virus yang masuk.

Menyebabkan masalah pencernaan

Kandungan peptida dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Akan terjadi sembelit dan sitem pencernaan akan menjadi memburuk karena konsumsi gluten. 

Terjadi kebocoran usus

Konsumsi gluten tanpa serat yang cukup, dapat membuat kerja usus terganggu. Akhirnya sistem pencernaan tubuh akan bekerja dengan sangat berat. Oleh karena itu, lebih banyak konsumsi serat agar pencernaan tidak terganggu dan usus terhindar dari kebocoran.

TAGS:
glutendampak negatifususgizi buruk

RELATED STORIES

Loading interface...