4 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Bebas dari Hutang
Foto: Pexels/Karolina Grabwoska
Tips Keuangan

4 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Bebas dari Hutang

Kamis, 15 Okt 2020 | 13:03 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Hutang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat selama lebih dari 5.000 tahun. Dulu, para petani akan berhutang agar mereka dapat membayar biaya hidup sehari-hari dan berinvestasi dengan panen mereka. Kemampuan melunasi hutang pun didasarkan pada sejumlah faktor seperti cuaca, hujan, dan hama di ladang mereka.

Meskipun zaman sudah berubah, namun saat ini masih terdapat sejumlah orang yang berhutang, dengan kartu kredit, dan bahkan hal ini menjadi lebih besar dan luas. Berhutang dengan suku bunga tinggi dapat memengaruhi kesehatan fisik dan finansial. Jika kamu merasa kesulitan dengan hutang dan ingin mendapatkan finansial yang sehat, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk terbebas dari hutang kartu kredit menurut Well and Good.

Tanggung Jawab dengan posisi kamu

Dengan bertanggung jawab terhadap posisi kamu saat ini, kamu dapat menelaah mengapa selalu kembali berhutang kartu kredit dan fokus terhadap apa yang bisa dikendalikan. Melaksanakan tanggung jawab membuat kamu melihat situasi dari prespektif yang berbeda dan mendapatkan pendekatan yang berbeda untuk menanganinya. Hal ini, dapat membantu seseorang secara sadar dan sengaja keluar dari lingkaran hutang.

Mengetahui hutang mu: Berapa banyak hutangnya dan kepada siapa kamu berhutang?

Melihat hutang kartu kredit akan jauh lebih mudah setelah kamu merasa berdaya untuk mengambil tanggung jawab atas posisi yang sedang dihadapi. Jika kamu tidak yakin tentang berapa banyak uang yang kamu pakai dan kepada siapa kamu berhutang, kamu dapat memeriksa mutasi kartu kredit mu.

Buat daftar tentang kartu kredit kamu

Mencantumkan hutang memungkinkan kamu untuk melihat gambaran lengkapnya. Spreadsheet adalah alat terbaik untuk jenis daftar ini, tapi kamu juga dapat menggunakan pena dan kertas. Dalam daftar tersebut setidaknya harus ada beberapa poin seperti nama pemberi pinjaman, jumlah total hutang, suku bunga yang akan dibayarkan, dan pembayaran bulanan minimum.

Buat rencana untuk keluar dari hutang

Menggunakan cara ini, membuat kamu dapat menyusun strategi untuk melunasi utang mana pun yang mempunyai tingkat bunga tertinggi lebih dulu. Memiliki rencana juga bisa membuat kamu tetap termotivasi karena kamu tahu arah yang dituju.

TAGS:
tips keuanganhutangbebas dari hutangkartu kredit

RELATED STORIES

Loading interface...