4 Faktor Penyebab Seseorang Mudah Lupa
Foto: endeavour.com.au
Lifestyle

4 Faktor Penyebab Seseorang Mudah Lupa

Rabu, 3 Jun 2020 | 18:14 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Lupa menjadi salah satu hal yang wajar dialami oleh seseorang. Akan tetapi jika hal ini sering terjadi, maka akan sangat menyebalkan dan dapat menganggu kegiatan kita.

Mudah lupa dapat disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari banyak pikiran hingga terjangkit penyakit tertentu. Biasanya hal ini sering dialami oleh orang dengan usia lanjut. Namun tak jarang, anak muda pun juga mengalami dirinya yang mudah lupaBerikut ini, beberapa faktor yang menyebabkan seorang anak muda mudah lupa.

Kurang tidur

University of California sempat melakukan penelitian kepada orang-orang kurang tidur. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki daya ingat yang kurang kuat. Hal ini terjadi lantaran gelombang otak yang tidak teratur.

Stres

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience menjelaskan bahwa stress dapat berpengaruh terhadap memori otak kita. Pasalnya stres mempunyai dampak besar terhadap dua area otak, yakni hipokampus dan amygdala. Kedua area tersebut memiliki peran untuk menjaga kemampuan memori. Sehingga ketika kita sedang stres, maka akan lebih mudah untuk lupa akan sesuatu.

Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 memiliki peranan yang penting untuk perkembangan otak. Jika tubuh kekurangan vitamin B12, maka dapat menyebabkan penyusutan otak dan membuat seseorang mudah bingung dan lupa.

Masalah tiroid

Terdapat sebuah kondisi bernama hypothyroidism yang keadaan di mana kelenjar tiroid tidak aktif. Hal ini menyebabkan memori daya ingat kita lemah dan mengalami gangguan tidur. Akan tetapi, masalah ini perlu diperiksakan dan kita harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

TAGS:
mudah lupastreskekurangan vitamintiroidLifestyle

RELATED STORIES

Loading interface...