4 Masalah di Kaki yang Sering Dialami Penderita Diabetes
Foto: SehatQ
Kesehatan

4 Masalah di Kaki yang Sering Dialami Penderita Diabetes

Rabu, 12 Feb 2020 | 16:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Penderita diabetes kerap kali mengalami masalah pada kaki karena kadar gula darah mereka yang tinggi. Hal ini tidak hanya dapat menganggu kegiatan sehari-hari, namun juga membuat penderita diabetes membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.

Jika masalah kaki itu tidak diobati sejak dini, maka resiko yang dimiliki oleh penderita diabetes akan semakin parah. Pada beberapa kasus, kondisi kaki penderita diabetes yang parah menyebabkan kaki mereka harus diamputasi. Oleh karena itu, kita harus mengenal kondisi kaki yang sering dialami oleh penderita diabetes agar bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Cantengan

Cantengan merupakan kondisi di mana kuku yang berada di tepi, menancap ke kulit sehingga kulit dan jaringan di bawahnya menjadi bengkak dan kemerahan. Jika mengalami cantengan, penderita diabetes tidak disarankan untuk memotong kukunya sendiri. Mereka disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis, karena membutuhkan penanganan khusus.

Gangren

Kondisi ini ditandai dengan adanya bagian tubuh yang jaringannya mati karena tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Untuk dapat menanganinya, penderita diabetes memerlukan operasi untuk mengangkat semua jaringan yang mati.

Vaskuler perfier

Kondisi gula darah yang tinggi dapat memengaruhi pembuluh darah arteri. Lemak akan menempel di pembuluh darah, sehingga menyebabkan pembuluh darah menyempit dan aliran darah tidak lancar. Jika hal ini terjadi, maka penyakit vaskuler perfier pun dapat terjadi. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri pada daerah lengan ataupun tungkai.

Rasa nyeri akan semakin terasa jika lengan atau tungkai yang mengalami kondisi ini banyak digerakkan. Selain itu, aliran darah yang tidak lancar bisa menjadi penyebab terjadinya luka pada lengan atau tungkai.

Neuropati diabetik

Kondisi ini merupakan komplikasi diabetes yang ditandai dengan gangguan saraf pada kaki. Sebuah penelitian menunjukkan kalau satu dari dua penderita diabetes mengalami kondisi ini. Akan tetapi, terkadang penderita diabetes tidak menyadarinya karena gejala yang muncul perlahan-lahan.

Gejala yang paling sering terjadi adalah rasa gatal pada kaki. Banyak penderita diabetes menyebutkan kalau sensasi yang dialami seperti menggunakan kaos kaki, meskipun sedang tidak menggunakannya sama sekali.

TAGS:
kakidiabetescantengangangren

RELATED STORIES

Loading interface...