5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Mental Kamu
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Wellness

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Mental Kamu

Senin, 17 Mei 2021 | 16:41 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kesahatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jika terjadi masalah pada kesehatan mental, maka penampilan, tingkah laku, dan cara berpikir seseorang juga akan terganggu.

Tanpa disadari, gangguan kesehatan mental bisa terjadi karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa menganggu kesehatan mental.

Penyangkalan

Ketika menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan, kamu cenderung melakukan penyangkalan. Hal ini tidak baik, karena dapat memperburuk kesehatan mental.

Cobalah bicara dengan seseorang yang membuat kamu merasa aman dan diskusikan masalah yang sedang dihadapi. Jangan takut untuk mencari bantuan profesional, jika masalah yang dihadapi lebih rumit.

Berlebihan pakai media sosial

Bermain media sosial selama berjam-jam dapat merusak kesehatan mental. Standar prefeksionisme yang ditetapkan media sosial, bisa cukup menganggu.

Sebagian orang menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari, lalu ditambah dengan tuntutan untuk selalu sempurna di media sosial, menjadikan beban hidup lebih berat.

Sering berpikir negatif

Overthinking dan selalu memikirkan hal-hal negatif tentang pilihan yang kamu ambil, dapat memengaruhi kesehatan mental. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang mendorong dirimu untuk memiliki perspektif positif terhadap segala situasi kehidupan yang terjadi.

Merasa bersalah, kecewa, dan malu

Jika kamu merasakan salah satu dari emosi itu, coba untuk identifikasi akar penyebabnya. Masalah tersebut mungkin berasal dari trauma masa kecil, pengalaman masa lalu, atau riwayat keluarga.

Mengatasi emosi adalah hal yang penting. Disarankan untuk mencari bantuan profesional untuk menyelesaikan masalah ini.

Pola tidur buruk

Kurang tidur, bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental kamu. Jika sulit tidur karena khawatir akan sesuatu, kamu bisa menuliskannya di buku harian atau jurnal, lalu menutupnya saat sudah selesai. Hindari perasaan stres ketika berada di tempat tidur.

TAGS:
kesehatan mentalpikiran negatifOverthinking

RELATED STORIES

Loading interface...