5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pakai Smartphone dan Cara Mengatasinya
Foto: Bright Side
Lifestyle

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Pakai Smartphone dan Cara Mengatasinya

Kamis, 9 Jan 2020 | 18:05 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Zaman modern seperti saat ini tidak bisa dipungkiri kalau kita sedikit mengalami kesulitan untuk lepas dari ponsel. Bahkan, saat akan tidur pun kita terkadang masih tetap menggunakan benda pintar tersebut. Namun ternyata, kebiasaan ini sangatlah tidak baik untuk tubuh. Selain itu, smartphone yang digunakan saat akan tidur dapat memiliki dampak buruk lebih dari yang selama ini kita ketahui.

Dilansir dari Bright Side, berikut ini beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dan mulai harus dihindari saat menggunakan smartphone agar dapat memiliki kehidupan yang sehat.

1. Tidur dekat smartphone

image0

Sebuah ponsel dasarnya adalah benda pemancar dan penerima elektromagnetik, yang berarti dapat menerima gelombang radio. Meskipun ini belum terbukti secara ilmiah, riset terus menunjukan kalau gelombang radio tersebut dapat berdampak ke otak jika terpapar terlalu lama. Smartphone yang ada di dekat kita saat tidur, dapat membuat kita terbangun karena notifikasi yang diterima saat tidur. Jika memungkinkan, matikanlah ponsel atau letakan di ruang yang berbeda saat akan tidur.

2. Terpapar sinar biru terlalu lama

image1

Cahaya dari layar ponsel dapat menekan melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. Hal ini menjadi alasan lain agar kita tidak tidur dekat dengan smartphone. Cahaya biru juga dari layar juga dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah pada mata. Cobalah untuk menyesuaikan cahaya di smartphonemu dan nyalakan fitur pelindung mata.

TAGS:
kesalahan penggunaansmartphonepostur tubuhSinyal

RELATED STORIES

Loading interface...