5 Museum di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi
Traveling

5 Museum di Bogor Ini Wajib Kamu Kunjungi

Kamis, 21 Apr 2016 | 13:10 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Bogor yang terkenal dengan kota hujan ternyata tidak hanya memiliki wisata kuliner ataupun wisata alamnya saja. Ternyata disana tersimpan beberapa museum yang memang layak untuk dikunjungi. Sayangnya beberapa orang mungkin belum mengetahui museum bersejarah yang masih terletak di Bogor jawa Barat ini.

1. Museum Zoologi Bogor

image0

Awalnya museum ini bernama Laboratorium Zoologi atau Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 gagasan dari J. C. Koningsberger ahli botani berkebangsaan Jerman. Museum ini mempunyai koleksi tentang dunia satwa atau fosil hewan jaman dahulu. Museum ini terbagi menjadi dua, yang pertama terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober, berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km.46 Cibinong, Bogor.

2. Monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air)

image1

museum ini sudah dibangun tahun 1745, lalu didirikan kembali pada tahun November 1995 dan disahkan oleh Soeharto pada Desember 199. Di Bogor lah pertama kali diselenggarakan pembentukan taruna-tarunatentara sukarela pembela tanah air.

3. Museum Perjoangan Bogor

image2

Museum perjuangan bukan hanya di Jakarta maupun Jogjakarta. Di Bogor ternyata juga ada. Museum perjoangan Bogor didirikan melalui musyawarah para tokoh Pejuang Karesidenan Bogor yang meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Depok. Banyak koleksi benda dimasa peperangan jaman dahulu. Bahkan senapan yang digunakan pada masa perang masih tersimpan disana.

4. Museum Kepresidenan Balai Kitri

image3

Museum Kepresidenan ini berlokasi di komplek Istana Kepresidenan Bogor. Di museum ini terdapat berbagai koleksi film dokumenter kegiatan kepresidenan, buku sejarah kepresidenan dan koleksi perpustakaan sebanyak 3.250 judul.

5. Museum Mobil dan Keramik

image4

Museum yang terletak di komplek Sirkuit Internasional Sentul ini mengoleksi mobil dan beberapa barang antic lainnya seperti mobil Soekarno pada jaman dulu. Masih banyak lagi motor, mobil serta keramik antic yang dikoleksi disana.

 

TAGS:
iniWajib Kamu Kunjungi5 Museumdi Bogor

RELATED STORIES

Loading interface...