5 Penyakit Berbahaya yang Tidak Disadari oleh Anda!
Foto: Cheatsheet
Kesehatan

5 Penyakit Berbahaya yang Tidak Disadari oleh Anda!

Kamis, 17 Nov 2016 | 11:46 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kita semua tahu apa langkah yang harus kita lakuykan agar tubuh kita terhindar dari penyakit. Terutama untuk menangkal penyakit jantung, diabetes, dan bahkan jenis kanker tertentu. Banyak dari kita berpikir bahwa kita sudah berada pada kesehatan yang layak dan telah menganut gaya hidup sehat. Tetapi penting untuk dicatat bahwa tidak setiap penyakit mudah untuk dideteksi. Sedangkan tanda-tanda untuk penyakit menular dan bahkan beberapa jenis kanker bisa terlihat dengan mata telanjang, ada beberapa kondisi yang sangat serius yang mungkin Anda tidak menyadarinya.

Dikutip dari Cheatsheet , Kamis (17/11), Berikut adalah lima penyakit mengerikan yang perlu Anda tahu sebelum penyakit - penyakit ini mendatangi tubuh Anda!

1. Kanker usus besar

Kanker usus besar mungkin hanya iterasi sneakiest dari semuanya, yang juga menjadikannya salah satu penyakit yang paling mematikan. Menurut Mayo Clinic, kanker usus besar dimulai dari usus besar dan biasanya dimulai dari hal kecil, gumpalan non-kanker dari sel-sel yang disebut polip. Lalu semuanya akhirnya tumbuh menjadi kanker meskipun tidak ada gejala pada awalnya. Awal terjadinya kanker ini seperti mengalami diare atau sembelit, pendarahan pada anus Anda, kram dan gas dilambung, penurunan berat badan, dan kelelahan.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu mengecek usu besar Anda ke dokter secara rutin. Kkarena dokter akan dapat melihat polip jinak yang telah terbentuk dan menghapusnya sebelum sesuatu yang buruk terjadi. Meskipun kanker usus besar adalah salah satu kanker yang paling dapat diobati pada tahap awal, banyak orang yang menyepelekan kanker ini, mereka tidak tahu bahwa mereka mengidap kanker ini dan berakhir hidup dengan kanker selama bertahun-tahun.

2. Penyakit Huntington

Penyakit berbahaya ini adalah kelainan genetik yang bisa saja Anda miliki sepanjang jalan melalui adolesence tanpa pernah Anda menyadarinya, dan bagian paling menakutkan adalah itu tak tersembuhkan. Penyakit huntington ini jarang terjadi namun fatal, dijelaskn oleh Huntington Disease Society of America, dan hal itu menyebabkan saraf-saraf di otak Anda terpecah. Gejala awalnya yakni digambarkan sebagai persilangan antara ALS, Parkinson, dan Alzheimer karena fisik tubuh Anda dan kekuatan mental terganggu, dan gejala ini biasanya dimulai antara usia 30 dan 50. Hal yang paling penting untuk diketahui adalah orang tua mewariskan penyakit ini sekitar 50% dari yang bawaan gen yang berbahaya untuk anak-anak mereka. Sampai sekarang, sekitar 200.000 orang Amerika beresiko mewarisi penyakit ini, dan banyak yang bahkan tidak tahu itu.

3. Glaukoma

Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua di AS, dan sayangnya, penyakit ini datang dengan sedikit gejala, kata John Berdahl, MD, menulis untuk Semua Tentang Penglihatan. Ada sekelompok gangguan terkait mata yang bisa memicu glaukoma, dan mereka semua merusak saraf optik yang berfungsi untuk membawa informasi dari mata ke otak. Biasanya, mereka yang memiliki penyakit ini juga mengalami tekanan di belakang mata, tapi ini tidak selalu terjadi. Ketika penyakit semakin terasa, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan perifer atau kebutaan total.

4. Infeksi Klamidia

Penyakit menular seksual ini adalah salah satu yang paling sering menyebar di AS, namun banyak orang yang belum tahu karena kurangnya gejala. Infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan saluran tuba wanita, yang akhirnya dapat menyebabkan infertilitas atau peningkatan risiko kehamilan ektopik secara langsung, kata MedicineNet. Infeksi ini dapat hidup di leher rahim, uretra, vagina, rektum, atau tenggorokan, dan juga dapat ditularkan dari ibu ke anak saat melahirkan. Ada beberapa gejala yang berhubungan dengan klamidia yang kadang muncul beberapa minggu setelah itu terjadi. Namun dalam banyak kasus, mereka yang memiliki penyakit ini kurang mengetahui. Anda mungkin mengalami cairan yang tak normal di dalam vagina, nyeri panggul, kebutuhan mendesak untuk buang air kecil, dan darah dalam urin Anda. Jika Anda sering melakukan hubungan seksual, penting untuk mencari tahu apakan penyakit ini menyerang diri Anda.

5. Dalam penyumbatan pembuluh darah

Jika Anda sering duduk terlalu lama, Anda perlu memikirkan penyakit yang satu ini. Menurut MedlinePlus, deep vein thrombosis (DVT) adalah bekuan darah yang terbentuk di vena dalam di tubuh, dan Anda mungkin tidak menyadari hal itu. Sebagian besar gumpalan darah vena dalam terjadi pada kaki bagian bawah atau paha, dan dari sini, pembuluh darah bisa membengkak dan menyebabkan lebih banyak masalah. Jika gumpalan menumpuk dan tak jalan hingga aliran darah ke paru-paru Anda, ini dapat menyebabkan rendahnya tingkat oksigen dalam darah Anda, kerusakan paru-paru yang serius, atau kematian dalam kasus yang ekstrim.

TAGS:
penyakit berbahayapenyakit serius

RELATED STORIES

Loading interface...