5 Posisi Duduk yang Dianjurkan untuk Bumil!
Kesehatan

5 Posisi Duduk yang Dianjurkan untuk Bumil!

Selasa, 11 Jul 2017 | 09:44 | kontributor

winnetnews.com - Wanita hamil harus selalu menjaga tubuh dan kesehatan. Tak heran kalau ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh setiap wanita hamil demi kesehatan ibu dan janin. Mulai dari makanan sampai posisi duduk yang baik untuk ibu hamil. Memasuki trimester ketiga khususnya akan membuat tubuh calon ibu sedikit lebih sulit digerakkan, ini karena perut sudah membesar. Menjaga otot-otot tubuh khususnya di sekitar area perut hingga lutut sangatlah urgen.

Jika pada masa kehamilan seorang ibu hamil salah dalam posisi duduk, maka itu sedikit bisa mempengaruhi kesehatannya. Seperti nyeri, pegal, kaki bengkak dan sakit punggung. Hal ini tentu sangat tidak nyaman, oleh sebab itu ibu hamil harus benar-benar memperhatikan posisi duduk yang baik, seperti beberapa posisi duduk berikut ini.

1. Punggung lurus dan bahu ditarik ke belakang

Posisi duduk ideal untuk ibu hamil adalah dengan meluruskan punggung sambil bahu ditarik ke belakang. Dengan posisi duduk seperti ini maka otot dan ligamen seorang ibu hamil akan tetap terjaga sehingga menghindari nyeri dan pegal.

2. Bersila

Duduk bersila dengan menyeimbangkan berat badan sangat baik untuk ibu hamil. Hal ini karena dengan semakin naiknya berat badan, maka jika salah posisi duduk, sang ibu akan mengalami nyeri dan sakit. Oleh karenanya duduk sambil menyeimbangkan berat badan sangat perlu dilakukan.

3. Bersandar

Dengan duduk dalam posisi bersandar sepenuhnya pada kursi atau sofa akan memberikan rasa nyaman untuk ibu hamil. Selain itu, posisi ini juga dapat mencegah resiko sakit punggung bagi para ibu hamil.

4. Meregangkan kaki

Duduk dengan posisi sambil meregangkan kaki sangat baik dilakukan oleh para ibu hamil. Apalagi bagi para ibu hamil yang harus bekerja dan duduk berlama-lama.

5. Tidak ubah posisi selama 30 menit

Ketika dalam posisi duduk, seorang ibu dituntut untuk tidak merubah-ubah posisi duduknya. Oleh karenanya, jika telah duduk dalam sebuah posisi, sebaiknya pertahankan posisi duduk itu hingga 30 menit agar aliran darah di tubuh tetap terjaga.

TAGS:
dudukposisi dudukbumilibu hamilduduk siladuduk bersandarkesehatanwanitakehamilan

RELATED STORIES

Loading interface...