5 Tanda  Anda Menjalani Diet Tak Sehat
ilustrasi diet ( Photo ambebi.ge )
Kesehatan

5 Tanda  Anda Menjalani Diet Tak Sehat

Sabtu, 14 Mar 2020 | 16:50 | Muchdi

Winnetnews.com -  Diet, dilakukan salah satunya untuk menurunkan berat badan. Lalu ada pula sebagian orang yang bertujuan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan segar. Namun cara yang keliru justru akan mengakibatkan hal sebaliknya.

Ada saja faktor yang menjadikan diet Anda malah tak menyehatkan. Boleh jadi tersebab polanya yang keliru atau, ada treatment yang berlebihan.

Salah satu pertanda yang gampang terlihat ketika Anda menjalani diet yang buruk adalah, munculnya timbunan lemak di perut. Tapi sebetulnya ada pelbagai masalah kesehatan yang mengintai ketika diet yang Anda lakoni itu tak tepat, mulai dari yang berkaitan dengan kekurangan gizi hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Berdasar sejumlah ahli kesehatan dan kebugaran dikutip dari pelbagai sumber, terdapat tanda-tanda yang menunjukkan diet Anda tidak sehat. Berikut lima di antaranya:

1. Rambut kering

Jika biasanya rambut Anda baik-baik saja, lantas belakangan mulai mengering maka ada baiknya mengoreksi pola diet. Nutrisi seperti zat besi, folat dan vitamin C penting bagi rambut Anda. Ketika semua itu tak didapatkan tubuh, maka boleh jadi rambut kering jadi pertandanya.

Meski gangguan kesehatan lain seperti tiroid yang bermasalah juga bisa saja memengaruhi rambut dan kulit Anda.

2. Mudah lelah

Pertambahan usia seperti dikutip dari laman kesehatan Web MD membuat Anda tak membutuhkan banyak kalori, tetapi tidak dengan nutrisi seperti kalsium dan Vitamin D. Tubuh Anda tetap memerlukannya.

Itu sebab orang dewasa yang tak mendapatkan cukup nutrisi akan mudah merasa lelah. Kondisi ini bisa terjadi saat Anda kekurangan energi. Mineral yang kelewat sedikit juga bisa mengakibatkan anemia.

Kelelahan juga bisa menjadi gejala dari gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit jantung atau masalah tiroid.

3. Gigi bermasalah

Mulut adalah salah satu bagian tubuh pertama yang memberikan pertanda ketika Anda mengalami gizi buruk. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan perdarahan hingga penyakit pada gusi atau gusi iritasi.

Senada dikutip dari laman Cleveland Clinic, gusi dan radang pada rongga mulut bisa menjadi tanda-tanda diet Anda buruk. Misalnya, gusi yang bengkak atau berdarah biasanya berkaitan dengan kurangnya vitamin C pada makanan Anda.

4. Gampang sakit

Gizi yang buruk bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh dan memicu penyakit juga infeksi. Jika Anda mulai gampang terserang penyakit, maka perhatikan lagi asupan makanan untuk tubuh. Pastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi untuk mengembalikan imunitas tubuh.

Anda bisa memilih makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E, kemudian kandungan zat besi dan asam folat. Mulailah dengan meningkatkan asupan buah, sayuran dan biji-bijian. Anda bisa memilih untuk memakan buah jeruk atau pop corn tanpa mentega dan garam.

5. Mood terganggu dan depresi

Periksa lagi pola diet ketika tiba-tiba di tengah proses ini Anda merasa kehilangan selera dengan pelbagai hal. Masalah mood dan gangguan kesehatan mental seperti depresi berkaitan dengan pola makan yang tidak sehat.

Diet tak sehat berpengaruh banyak terhadap kesehatan mental. Tak jarang Anda akan mengalami fase merasa bingung atau memiliki ingatan yang lemah terhadap beberapa hal. Jika tanda ini sudah alami, sebaiknya tinjau ulang apakah pola diet Anda sudah tepat atau justru sebaliknya.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "Tanda-tanda Anda Menjalani Diet Tak Sehat"

TAGS:
dietdepresinutrisienergigampang sakit

RELATED STORIES

Loading interface...