5 Tanda Bahwa Kamu Penyendiri Akut, Lebih Seringlah Bersosialisasi
via weheartit.com
Lifestyle

5 Tanda Bahwa Kamu Penyendiri Akut, Lebih Seringlah Bersosialisasi

Minggu, 5 Apr 2020 | 21:08 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Bagi sebagian orang, ketika akhir pekan tiba, saatnya untuk menghubungi teman mereka lalu pergi bersama. Tapi tidak semuanya melakukan hal itu, ada juga yang menghabiskan waktu mereka dengan menonton film di laptop mereka.

"Menjadi pemimpin yang terlalu menyendiri untuk terobsesi tentang kekhawatiran, kehilangan perspektif tentang setiap masalah sehari, dan sering merasa kesepian dan bahkan depresi," kata psikoanalis Laurie Hollman, Ph.D.

"Sebuah jumlah yang wajar dari sosialisasi yang memberikan perasaan kesejahteraan adalah semua yang dibutuhkan, belum tentu menghadirkan banyak pesta dan acara sosial," lanjut Hollman.

Jika kamu berpikir kamu belum menghabiskan waktu yang cukup dengan orang lain, pertimbangkan 5 tanda-tanda seperti di bawah ini bahwa kamu kurang bersosialisasi:

1. Kamu tidak tahu siapa yang bisa kamu hubungi ketika keadaan darurat

Jika sulit untuk menentukan beberapa orang yang dekat dengan kamu, mungkin kamu harus mempertimbangkan memperkuat beberapa hubungan. Tanyakan kepada diri sendiri siapa yang akan kamu hubungi jika sesuatu yang buruk yang terjadi. "Ketika seseorang berjuang untuk menjawab pertanyaan ini, itu adalah bendera merah bahwa mereka tidak cukup terhubung ke manusia lain," ujar psikoterapis Jennifer Weaver-Breitenbecher LMHC, CRC.

2. Kamu bisa depresi dan stres

Kadang-kadang hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah menghabiskan waktu di sekitar orang lain. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi justru bisa membantu meningkatkan kebahagiaan kamu dan mengurangi tingkat stres. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Health Promotion menemukan bahwa orang dewasa yang muda yang bersosialisasi dilaporankan memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada rekan-rekan mereka yang tidak menghabiskan waktu di sekitar orang lain.

3. Kamu kurang motivasi

Menghabiskan waktu di sekitar teman-teman dapat membantumu menentukan prioritas kamu, menurut Psychology Today. "Kamu harus menstimulasi lain yang bisa menghidupkan kembali minat kamu pada produktivitas dan kehidupan rumah," kata Hollman. "Mengangkat telepon dan chatting dengan seseorang dapat menghidupkan kembali keinginan Anda untuk menyelesaikan sesuatu." seperti dikutip dari Bustle.

4. Kamu tidak ingin bertemu dengan orang baru

Jika kamu merasa seperti tidak ingin memenumi orang lain, apakah mereka menjadi calon teman atau pasangan kamu nanti, mungkin kamu perlu untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang lain. Bersosialisasi dengan teman-teman adalah cara penting untuk membuat teman baru, menurut Psychology Today. Bertemu orang-orang baru dapat membantu membuat hidup terasa segar, dan kamu tidak pernah tahu siapa yang akan menjalin ikatan dengan kamu nanti.

5. Kamu juga sering sakit

Sering sakit mungkin tampak seperti tidak ada hubungannya dengan berapa banyak waktu yang kamu habiskan di sekitar orang lain, tapi kesepian dapat memengaruhi kamu lebih dari sekedar kesehatan mental kamu. Sebuah studi dari Prosiding jurnal dari National Academy of Sciences menemukan bahwa kesepian dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan peradangan kronis dan menurunkan kadar senyawa antivirus tertentu.

TAGS:
kesepianpenyendirikurang bersosialisasi

RELATED STORIES

Loading interface...