5 Trik Olahan Daging Kambing Lebih Empuk dan Juicy
ilustrasi
Kuliner

5 Trik Olahan Daging Kambing Lebih Empuk dan Juicy

Rabu, 22 Agt 2018 | 12:56 | Muchdi

WinNetNews.com - Idul Adha merupakan satu momen spesial dimana banyak tersaji olahan daging kambing. Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan supaya daging kambing empuk.

Olahan hidangan kambing memang menggoda, sebut saja sate, gule atau tongseng kambing. Tapi rasanya akan makin mantap jika tekstur daging kambingnya juga empuk.

Untuk membuat daging kambing empuk dan juicy, seperti dikutip dari situs detikFood, Jakarta, Rabu (22/8/2018),  ada beberapa trik cerdas yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan buah nanas

image0Foto- Istock

Buah nanas dipercaya bisa membuat tekstur daging kambing empuk. Sifat nanas yang asam dan kandungan enzim pada nanas membuat serat daging kambing menjadi lunak sehingga saat dimasak, daging tidak alot.

Untuk menggunakannya, nanas harus diparut atau dihaluskan terlebih dulu. Kemudian nanas ini dibalurkan dan didiamkan selama 2 hingga 3 jam sebelum daging diolah.

2. Menggunakan daun pepaya

image1Foto- Istock

Daun pepaya juga bisa diandalkan untuk membuat tekstur daging kambing empuk. Kandungan enzim papain pada daun pepaya ini yang membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk.

Berbeda dengan penggunaan nanas, kalau mengandalkan daun pepaya, daging hanya perlu dibungkus. Potong-potong daging kambing lalu bungkus dengan daun pepaya dan diamkan selama 20 menit. Daging bisa langsung digunakan tanpa dicuci, namun jangan terlalu lama dibungkus karena daging bisa menjadi pahit.

3. Rendam dalam air kelapa

image2Foto- Istock

Air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging kambing. Caranya cukup rendam daging dalam air kelapa selama beberapa saat lalu tiriskan dan masak.

Selain membuat empuk, air kelapa juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi aroma prengus pada daging kambing. Selain itu, air kelapa juga tak membuat rasa kambing berubah.

4. Menggunakan buah pir

image3Foto- Istock

Cara ini memang tidak lazim digunakan di Indonesia, teknik ini banyak digunakan orang Eropa untuk mengempukkan daging. Cara penggunaannya seperti menggunakan nanas yakni harus dihaluskan terlebih dulu. Selain membuat daging empuk, buah pir juga membuat daging sedikit terasa lebih manis.

5. Merebusnya yang lama

image4Foto- Istock

Daging yang akan dimasak gule atau sop bisa direbus lama supaya teksturnya empuk dengan perlahan. Gunakan api sedang saat merebus daging.

Tambahkan juga beberapa rempah dan bumbu agar daging lebih kaya rasa. Selain jadi empuk, kuah pada sop kambing juga lebih lezat.

TAGS:
idul adhasop kambingnanasDaging kambingdaun pepaya

RELATED STORIES

Loading interface...