6 Cara Atasi Burnout Akibat Stres Kerja
Foto: Pexels/Anna Taraze
Wellness

6 Cara Atasi Burnout Akibat Stres Kerja

Jumat, 11 Jun 2021 | 14:13 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kelelahan kerja adalah salah satu stres yang terkait dengan pekerjaan. Saat mengalami kondisi ini, seseorang akan merasa kelelahan fisik atau emosional yang bisa memengaruhi pencapaian pribadi.

Mengutip Mayo Clinic, burnout bukanlah diagnosis medis. Namun beberapa ahli berpikir kalau kondisi lain seperti depresi, berada di balik burnout. Burnout karena pekerjaan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kurangnya kontrol, harapan pekerjaan yang tidak jelas, dan dinamika tempat kerja yang disfungsional.

Selain itu, burnout juga disebabkan oleh pekerjaan yang monoton atau kacau, kurangnya dukungan sosial, serta ketidakseimbangan kehidupan kerja.

Jika kamu mengalami kelelahan karena pekerjaan, maka sebaiknya segera atasi kondisi tersebut agar tidak berlarut dan menganggu aktivitas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi burnout.

Evaluasi pilhan

Kamu bisa melakukan diskusi dengan atasan. Cobalah untuk menetapkan tujuan untuk pekerjaan apa yang harus segera dilakukan dan apa yang bisa menunggu.

Cari bantuan

Kamu bisa meminta dukungan dari orang terdekat, seperti teman, keluarga, hingga komunitas. Jika kamu mempunyai akses ke program kesehatan karyawan, maka manfaatkan layanan tersebut.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Saat merasa kelelahan, kamu dapat melakukan sejumlah aktivitas yang dirasa menyenangkan, seperti yoga, meditasi, dan lainnya.

Olahraga

Olahraga secara rutin dapat membantu kamu mengatasi stres dengan lebih baik. Tak hanya itu, olahraga juga bisa membuat pikiran kamu teralihkan dari pekerjaan.

Tidur

Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat. Tidur juga memulihkan dan membantu melindungi kesehatan.

Mindfulness

Mindfulness merupakan tindakan memusatkan perhatian pada aliran napas dan menjadi sangat sadar aka napa yang sedang dirasakan, tanpa interpretasi atau penilaian. Praktik ini melibatkan kamu untuk mengahadapi situasi dengan keterbukaan dan kesabaran, serta tanpa penilaian.

TAGS:
burnoutstres kerja

RELATED STORIES

Loading interface...