6 Manfaat Konsumsi Bawang Hitam untuk Kesehatan Tubuh
Foto: SehatQ
Kesehatan

6 Manfaat Konsumsi Bawang Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 3 Feb 2020 | 16:18 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Bawang hitam mungkin masih terdengar asing untuk sebagian besar orang, karena kita selama ini hanya mengetahui bawang merah dan bawang putih yang digunakan setiap harinya. Sebenarnya bawang hitam merupakan bawang putih yang mengalami proses pengawetan.

Proses pengawetan bawang hitam dilakukan dengan memanfaat reaksi Mailard. Di mana bawang putih segar disimpan pada suhu tinggi sekitar 60–80 derajat Celcius dengan kelembapan 70 – 90% selama 10 hingga 40 hari.

Pengawetan bawang putih ini dapat mengubah warnanya menjadi hitam dan sifat kimia di dalamnya. Ini juga akan mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aroma yang tidak terlalu kuat, serta teksutrnya menjadi lebih lembut dan kenyal.

Bawang hitam memiliki kandungan zat gizi yang sama dengan bawang putih. Namun reaksi Mailard dalam proses pengawetan telah mengubah bentuk zat tertentu, ada yang meningkat dan menurun. Meskipun begitu, bawang hitam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan jika kita mengonsumsinya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat konsumsi bawang hitam.

1. Mengurangi resiko kanker

image0

Bawang hitam mengandung zat kimia yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Selain itu, bawang hitam juga dikatakan kemungkinan besar mampu membunuh sel-sel kanker hingga mati.

2. Menjaga kesehatan jantung

image1

Bawang hitam mengandung zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah kita, sehingga kesehatan jantung terjaga. Tidak hanya itu, bawang hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik.

TAGS:
manfaat bawang hitamantioksidankankerobesitas

RELATED STORIES

Loading interface...