6 Minuman Ini Ternyata Dilarang Diminum Saat Buka Puasa

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

6 Minuman Ini Ternyata Dilarang Diminum Saat Buka Puasa Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Saat bulan suci ramadan atau puasa biasanya orang-orang memilih untuk berbuka dengan yang manis-manis. Setelah tidak makan dan minum selama hampir 13 jam, mengganti cairan tubuh dengan minum harus dilakukan sesegera mungkin ketika waktu berbuka tiba.

Tapi tahukah kamu? Ternyata ada beberapa jenis minuman yang tidak baik kamu minum saat berbuka puasa.

1. Terlalu banyak air putih

Air putih menjadi minuman wajib saat membatalkan puasa. Namun, saat air yang kamu minum dalam satu waktu jumlahnya berlebihan, beberapa masalah pun bisa timbul. Mereka dengan sistem metabolisme bisa overhidrasi, terutama yang memiliki penyakit jantung atau gangguan ginjal.

2. Susu

Saat berpuasa, metabolisme dan cara kerja organ banyak berubah. Bisa karena pola makan, aktivitas fisik, fungsi organ, jumlah elektrolit tubuh, hingga pola tidur yang berubah.

Susu sebenarnya dapat menunjang kebutuhan energi selama berpuasa, apalagi vitamin D di dalamnya dapat membantu proses penyerapan gizi. Namun, manfaat baik tersebut  bisa didapat secara maksimal saat kondisi metabolisme normal.

3. Teh

Teh ternyata mengandung kafein sama seperti kopi. meski kadarnya tidak setinggi kopi. Orang dengan sakit maag sangat tidak dianjurkan langsung berbuka dengan teh, karena kafein dapat menyebabkan iritasi dan nyeri lambung.

4. Kopi

Kopi bukan minuman yang direkomendasikan untuk membatalkan puasa. Karena, kafein dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kembung dan gangguan pencernaan pun bisa timbul akibat hal ini.

5. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung karbondioksida yang akan meningkatkan gas di saluran pencernaan. Apalagi perut dalam keadaan kosong, lambung otomatis akan kaget dan meningkatkan kadar asam. Hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah seperti asam di mulut, sensasi panas di dada, hingga maag.

6. Es krim

Ada banyak alasan kenapa es krim sebaiknya tidak langsung dimakan saat buka puasa. Di antaranya suhu dingin yang akan membuat perut kaget karena adanya perbedaan suhu. Minuman yang terlalu dingin dapat mengubah pola kerja organ tubuh, terutama pencernaan, apabila diminum saat perut kosong.