7 Kota Terbaik di Dunia untuk Para Pencinta Buku
The Elephant House, Edinburgh (Foto: f11photo/Shutterstock via Matador Network)
Traveling

7 Kota Terbaik di Dunia untuk Para Pencinta Buku

Sabtu, 21 Des 2019 | 09:15 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Seorang pelancong (traveler) yang suka membaca biasanya membawa novel di koper mereka. Ia akan membacanya saat berjemur di pantai atau di kereta untuk memuaskan hasrat sastra mereka. 

Apakah kamu salah satu dari mereka? Apakah kamu juga penggemar karya-karya Sir Arthur Conan Doyle, Dostoevsky, J.R.R. Tolkien dan C.S. Lewis atau yang lainnya? Jika kamu mencintai karya mereka, mungkin kamu juga pernah punya keinginan mengunjungi tempat yang dijadikan latar dalam cerita yang kamu baca.

Segeralah wujudkan keinginanmu! Buat rencana perjalanan untuk mengunjungi situs di cerita favoritmu. Atau minum di kafe tempat para penulis itu menyusun dunia fiksi mereka. Baik itu minum bir di Oxford, bersama hantu J.R.R. Tolkien dan C.S. Lewis, atau melamun tentang karya-karya Dostoevsky di jalan-jalan St. Petersburg, beberapa kota memang dibuat untuk dikunjungi oleh para penggemar sastra. 

Berikut adalah beberapa kota terbaik di dunia untuk pencinta buku, dikutip dari Matador Network.

1. Edinburgh, Skotlandia

image0
Foto: f11photo/Shutterstock

Edinburgh adalah kota pertama yang ditunjuk sebagai Kota Sastra UNESCO pada tahun 2004 dan merupakan rumah bagi beberapa penulis Skotlandia paling terkenal, termasuk Sir Arthur Conan Doyle, pencipta Sherlock Holmes, dan Sir Walter Scott, penulis Ivanhoe dan banyak lagi. 

The Scott Monument, adalah salah satu landmark paling terkenal di Edinburgh, terletak tepat di jalan Princes yang ramai. Mungkin kamu belum pernah membaca karya Scott? Jangan khawatir, kamu mungkin pernah mendengar tentang penulis paling terkenal yang terkait dengan Edinburgh: J.K. Rowling

Penggemar Harry Potter pasti  ingin berkunjung ke The Elephant House, sebuah kafe yang mengiklankan dirinya sebagai "tempat lahirnya Harry Potter" di depan jendela dan yang kamar mandinya penuh dengan grafiti Harry Potter.

2. Buenos Aires, Argentina

image1
Foto: RM Nunes/Shutterstock

Sekarang dengan munculnya e-book, toko buku fisik sedihnya perlahan-lahan mulai dilupakan. Namun, di Buenos Aires, tradisi membaca buku kertas masih hidup dan sehat. Kota ini memiliki sekitar 23 toko buku untuk setiap 100.000 penduduk, rasio tertinggi ketiga di dunia setelah Melbourne dan Lisbon.

Tur toko buku Buenos Aires adalah suatu keharusan bagi para pecinta sastra, terutama El Ateneo Grand Splendid, yang dianggap sebagai yang paling indah di dunia. Sebelum diubah menjadi toko buku pada tahun 2000, tempat itu awalnya berfungsi sebagai pusat tango ketika dibangun pada tahun 1919.

Kota ini juga terkenal sebagai rumah bagi penulis internasional ternama seperti Jorge Luis Borges, Julio Cortazar, Roberto Arlt, dan Adolfo Bioy Casares. Tradisi mereka tetap hidup di Pameran Buku tahunan Buenos Aires, yang berlangsung selama 20 hari dan penuh dengan bacaan, lokakarya, presentasi buku, dan konferensi.

TAGS:
bukupelancongTravelerharry potterkota terbaikSherlock HolmesEl Ateneo Grand Splendid

RELATED STORIES

Loading interface...