9 Cara Tepat Mengatur Gaji Bulanan
Foto: Peter Dazeley/Getty Images via LA Times
Tips Keuangan

9 Cara Tepat Mengatur Gaji Bulanan

Rabu, 9 Okt 2019 | 11:15 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Kesulitan untuk mengaji gaji bulanan dialami oleh banyak masyarakat modern saat ini. Bahkan Anda juga mungkin mengalami kesulitan dalam mengatur gaji bulanan yang Anda terima. Malah tidak jarang Anda kehabisan uang sebelum pertengahan bulan.

Hal ini bisa terjadi karena tidak tau cara mengelola gaji bulanan dengan baik. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara jitu untuk mengelola gaji bulanan Anda dengan tepat.

1. Buat Anggaran Bulanan

Buatlah rencana anggaran bulanan Anda. Anda dapat memulainya dengan membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan dan membaginya menjadi dua bagian. Yang pertama, untuk kebutuhan primer, seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, dan cicilan jika ada. 

Yang kedua adalah untuk kebutuhan tersier. Anda dapat membuat rencana anggaran untuk shopping, traveling, dan hangout bersama teman-teman ataupun kerja. 

2. Segera Bayar Tagihan

Saat Anda menerima gaji, hal pertama yang seharusnya Anda lakukan adalah melunasi semua tagihan Anda, seperti tagihan listrik, telepon, dan cicilan. Hal ini penting Anda lakukan agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. 

Dengan memisahkan atau membayar semua tagihan terlebih dahulu, maka Anda merasa tenang dalam menggunakan gaji untuk pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Uang Tabungan

Jika selama ini Anda biasanya menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, maka saat ini Anda bisa mencoba menyisihkan gaji untuk tabungan bukan dari sisa gaji namun sisihkan sebelum Anda menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. 

4. Buat Laporan Keuangan Harian

image0
Getty Images via verywellhealth.com

Simpanlah struk belanja yang Anda dapatkan setiap Anda berbelanja, dan kemudian catat semua pengeluaran Anda setiap harinya. Cara ini akan membantu Anda untuk mengetahui untuk apa saja Anda menghabiskan uang selama ini. Selain itu, cara ini juga akan membantu Anda dalam menganalisa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu penting ataupun tidak seharusnya Anda beli dalam bulan ini. Sehingga, Anda bisa menyimpan uang tersebut, dan mungkin Anda bisa membeli barang tersebut atau akan Anda butuhkan di bulan yang akan datang.

5. Miliki Dua Rekening Tabungan

Cobalah untuk membuat dua rekening tabungan di bank yang berbeda. Rekening tabungan yang pertama, Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari Anda, seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Sedangkan rekening yang kedua, Anda dapat menggunakannya khusus untuk tabungan. 

Anda juga harus membuat jumlah minimal berapa persen dari gaji bulanan Anda yang Anda harus Anda simpan sebagai tabungan. Cobalah untuk melakukan hal ini seperti sebuah kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya sehingga Anda tetap dapat menabung setiap bulannya dengan teratur.

6. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan, dengan syarat Anda menggunakannya dengan cerdas. Misalnya, Anda dapat menggunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan, ataupun Anda juga bisa mengalokasikannya untuk membayar semua tagihan Anda. Anda juga harus ingat bahwa Anda harus segera melunasi tagihan kartu kredit ketika Anda menerima tagihan kartu kredit.

7. Investasi

Setelah Anda menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari, akan tetapi Anda masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Nah, dana lebih tersebut dapat Anda gunakan untuk investasi dengan mengikuti asuransi, ataupun membeli perhiasan dengan nilai jual tinggi. 

image1
Getty Images via truthout.org

Investasi berbeda dengan menabung. Dengan menabung, Anda dapat mengambil uang kapan saja yang Anda inginkan dan butuhkan. Namun, pada investasi, uang yang sudah Anda simpan dalam bentuk saham, reksadana, ataupun perhiasan tidak bisa ambil kapan saja sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa jenis investasi juga memiliki fungsi tambahan sebagai asuransi.

Sah-sah saja jika Anda membeli produk investasi yang digabung dengan asuransi, tapi ingat bahwa fungsi asuransi utamanya adalah untuk proteksi. 

Cara ini tidak hanya membuat uang Anda aman di tempat karena Anda tidak bisa mengambilnya, namun juga dapat menguntungkan Anda di masa depan ketika sudah waktunya Anda menerima manfaatnya.

8. Lakukan Perbandingan

Cobalah untuk melakukan perbandingan antara pengeluaran Anda setiap bulan dengan anggaran bulanan Anda. Hal ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan rencana anggaran bulanan yang sudah Anda buat, atau malah sebaliknya dan melebihi dari anggaran yang sudah Anda buat.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan revisi pada rencana anggaran bulanan Anda. Bandingkan kembali dengan catatan pengeluaran harian Anda, untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang membutuhkan dana yang lebih besar.

9. Bijaklah dalam Menggunakan Gaji

Tidak hanya membiasakan diri untuk mencatat semua pengeluaran harian Anda, tetapi Anda juga harus membiasakan diri untuk selalu mematuhi dan menjalankan peraturan keuangan sesuai dengan rencana anggaran yang sudah Anda buat. Menggunakan gaji dengan bijak, berarti Anda menghargai segala usaha dan kerja keras yang sudah Anda lakukan selama ini.

Begitulah cara untuk mengatur gaji bulanan agar seluruh kebutuhan terpenuhi dan kita pun bisa hidup dengan lebih baik. Jadi, mulai sekarang pastikan alokasi gaji bulanan tepat ya.
 

TAGS:
asuransiTabungananggaran bulananmengelola gaji bulanan

RELATED STORIES

Loading interface...