Absen Hingga Musim Berakhir, Cedera ACL Federico Chiesa Jadi Mimpi Buruk

Muchdi

Dipublikasikan 4 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Absen Hingga Musim Berakhir, Cedera ACL Federico Chiesa Jadi Mimpi Buruk
Juventus konfirmasi Federico Chiesa cedera ACL © Reuters

Winnetnews.com -  Juventus baru mengonfirmasi bahwa Federico Chiesa mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Chiesa bakal menjalani operasi beberapa hari ke depan.

Cedera Chiesa jadi korban kemenangan Juventus atas AS Roma, Senin (10/1/2022) dini hari WIB. Dia tidak bisa menuntaskan pertandingan, untungnya Juve menang dengan skor 4-3.

Kemenangan itu krusial bagi Juve, tapi cedera Chiesa jelas biaya yang terlalu mahal. Terlebih, cedera ACL adalah salah satu mimpi buruk pesepak bola. Chiesa harus menjalani proses panjang untuk bisa bermain lagi.

Musim berakhir

Mengutip Sky Sport Italia, Chiesa harus mengakhiri musim 2021/22 ini lebih cepat. Jika pemulihannya berjalan lancar, Chiesa diharapkan bisa kembali bermain di musim 2022/23 mendatang.

Chiesa sudah membungkus dua gol dan tiga assists dalam 14 penampilan di Serie A musim ini. Dia masih jadi salah satu pemain terpenting di lini serang Juve.

Kini Chiesa harus menjalani proses pemulihan panjang. Dia juga tidak akan bisa membela Italia di babak play-off Piala Dunia 2022 di bulan Maret mendatang.

image0
Federico Chiesa dipastikan absen hingga musim ini berakhir © Getty Images

Tentang cedera ACL

Cedera ACL jadi mimpi buruk pesepakbola karena biasanya proses pemulihan cedera ini memakan waktu enam hingga sembilan bulan. Absen dalam waktu selama itu tentu buruk bagi karier si pemain.

Dahulu cedera ini dianggap sebagai akhir karier pesepak bola. Namun, saat ini dunia medis telah mengalami kemajuan pesat. Para ahli bedah dapat menangani cedera dengan teknologi dan metode yang lebih maju.

Tergantung pada tingkat keparahannya, pemain biasanya bisa kembali ke lapangan. Tentu proses pemulihan bervariasi setiap pemain, bisa lebih cepat, bisa lebih lambat.

image1
Penyerang Juventus, Federico Chiesa, saat mengalami cedera di laga lawan AS Roma di Olimpico, Senin (10/01/2022) dini hari WIB. © AP Photo

Mereka yang pernah cedera ACL

Seperti yang disinggung di atas, cedera ACL cukup umum terjadi di dunia sepak bola. Nama terakhir yang mungkin Bolaneters dengar adalah Virgil van Dijk, kapten Liverpool.

Van Dijk mengalami cedera ACL tingkat tiga, artinya robekan ligamen Van Dijk cvukup parah. Dia harus menjalani pemulihan panjang selama beberapa bulan.

Kini terbukti Van Dijk bisa kembali bermain, jadi seharusnya ada harapan besar untuk Chisea. Selain itu, nama-nama pesepak bola berikut ini juga pernah mengalami cedera ACL dan bisa kembali bermain.

  • Roy Keane
  • Radamel Falcao
  • Zlatan Ibrahimovic
  • Alan Shearer
  • Marco Reus
  • Roberto Baggio
  • Ruud van Nistelrooy
  • Alessandro Del Piero
  • Xavi

Persoalannya bukan hanya soal kondisi lutut pasca-operasi ACL, melainkan juga soal mental. Si pemain harus menunjukkan ketangguhan mentalnya, melawan rasa takut kemungkinan dihantam cedera yang sama.

Jika Chiesa bisa melewati rasa takut tersebut, tidak ada alasan untuk meragukan kemampuannya kembali jadi bintang utama Juventus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Bola.net dengan judul "Cedera Parah Akhiri Musim Federico Chiesa, Karier Terancam?"

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...