Abu Vulkanik Gunung Agung Rusak Tanaman

Cindy
Cindy

Abu Vulkanik Gunung Agung  Rusak Tanaman Foto:Antara

WinNetNews.com-  Hari ini sudah tiga kali Gunung Agung di Bali erupsi. Sejumlah wilayah di Bali seperti kawasan Desa Suter, Desa Abang Batundinding, dan Desa Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, terpapar hujan abu vulkanis akibat erupsi Gunung Agung.

Dikutip dari Antara, "Di sini memang abunya masih tebal, ini abu yang terkumpul sejak letusan hari Kamis (28/6) kemarin sampai saat ini, kadang masih terus turun hujan abu," kata warga Desa Suter, Wayan Eka.

Desa Suter, abu vulkanis tampak masih menutupi atap rumah warga. Daun, dan pohon-pohon yang berada di pinggir jalan juga tampak berwarna abu-abu akibat tertutup abu vulkanis dengan ketebalan yang bervariasi.


Sementara itu, di wilayah Penelokan dan Kintamani, Batur, abu vulkanis tampak juga menutupi sejumlah atap rumah dan pinggir jalan, namun dengan intensitas yang lebih tipis dibanding di Desa Suter.

"Ya memang hujan abu sempat turun di sini, memang tidak terlalu terasa. Cuma kami tetap harus mengenakan masker, karena debu kadang berterbangan terbawa kendaraan yang melintas," kata Astuti.

Selain Bangli, sejumlah kawasan di Tabanan juga terpapar abu vulkanik Gunung Agung. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Tabanan membagikan ratusan masker sejak terjadi erupsi strombolian Gunung Agung pada Senin 2/7/2018.