Adakah Dampak Udara Luar bagi Penderita Cacar Air?
ilustrasi
Kesehatan

Adakah Dampak Udara Luar bagi Penderita Cacar Air?

Rabu, 22 Jan 2020 | 13:44 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kita tentu pernah mendengar anggapan yang menyebut penderita cacar air tidak boleh terkena udara luar atau angin. Belum jelas apa alasan dari larangan ini, namun ada yang menyebut udara luar bisa membuat kondisi cacar air akan menjadi semakin parah. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta medis?

Cacar Air dan Paparan Udara Luar

Pakar kesehatan menyebut cacar air sebagai masalah kesehatan yang dipicu oleh infeksi virus berjenis varicella zoster. Biasanya, masalah kesehatan ini hanya akan muncul sekali seumur hidup. Seringkali, cacar air menyerang anak-anak dengan gejala kulit terasa gatal, demam, badan lemas, dan munculnya lentingan berwarna merah yang berisi cairan pada kulit.

Penderita cacar air ternyata memang sangat tidak disarankan untuk terpapar udara luar atau angin. Hanya saja, alasan dari larangan ini bukanlah karena bisa membuat gejalanya menjadi semakin parah. Hal ini lebih disebabkan oleh mudahnya penyakit ini menular ke orang lain.

Udara ternyata bisa menjadi media untuk memindahkan virus penyebab cacar air dari penderitanya ke orang lain. Hal ini biasanya terjadi jika penderitanya mengalami batuk-batuk atau bersin. Biasanya, mereka yang menderita penyakit ini bisa menyebarkan virus dalam kurun waktu lima hari sebelum dan setelah lentingan berwarna merah muncul di kulit. Di hari-hari awal lentingan ini muncul, risiko terjadinya penularan paling besar.

Anggota keluarga yang merawat penderita cacar air juga sangat tidak disarankan untuk sering-sering berada di dalam satu ruangan yang sama karena bisa saja membuat penyakit ini menular, apalagi jika mereka belum pernah terkena penyakit ini sebelumnya.

Melihat fakta ini, anak-anak yang menderita cacar air sangatlah disarankan untuk tidak bersekolah terlebih dahulu demi mencegah penularan pada teman-teman lainnya. Lebih baik penderitanya fokus untuk beristirahat dan memulihkan diri hingga penyakit ini bisa sembuh.

TAGS:
cacar airudara luar

RELATED STORIES

Loading interface...