Adakah Dampaknya Bila Minum Obat dengan Air Dingin?
ilustrasi
Kesehatan

Adakah Dampaknya Bila Minum Obat dengan Air Dingin?

Sabtu, 4 Apr 2020 | 06:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Aturan dalam meminum obat merupakan hal penting dan harus selalu dipatuhi. Entah itu obat yang didapat dari dokter atau obat yang Anda peroleh dari apotek. Anda harus selalu membaca aturan pakai sebelum mengonsumsi obat jenis apapun. Selain itu, biasanya cairan juga dibutuhkan saat mengonsumsi obat untuk membantu mendorong agar lebih mudah ditelan. Namun, adakah aturan khusus mengenai hal ini? Apakah boleh minum obat dengan air dingin?

Alasan sebaiknya tidak minum obat dengan air dingin

Anda mungkin bertanya, bagaimana temperatur air yang sebaiknya digunakan saat minum obat. Sayangnya, sulit untuk menemukan penelitian ilmiah yang membahas hal ini karena terlalu banyak jenis obat di luar sana dengan aturan pakai yang berbeda-beda.

Apabila membahas mengenai temperatur air yang baik saat minum obat, perlu diingat bahwa obat diserap saat melalui selaput di lambung dan usus. Agar proses penyerapan terjadi secara optimal, kondisi organ dalam harus berada dalam situasi yang baik, termasuk suhu atau temperatur.

Ketika Anda minum obat dengan air dingin, suhu dalam perut jadi menurun (dingin). Ini dapat menghambat proses pelarutan obat sehingga menyebabkan penyerapan obat tidak optimal.

Selain itu, tubuh otomatis akan cenderung berfokus pada menstabilkan suhu yang menurun akibat air dingin dibandingkan berkonsentrasi pada proses penyerapan obat yang dikonsumsi.

Mungkin hampir semua orang mengerti jika sebuah zat akan lebih mudah larut dalam suhu yang lebih hangat. Oleh karena itu, obat akan lebih mudah larut dan diserap tubuh ketika diminum dengan air hangat atau air dengan temperatur normal.

Namun perlu diingat, sebaiknya minum air hangat bukan air panas. Karena jika terlalu panas, air dapat merusak kandungan pada obat yang dikonsumsi.

Lebih baik kurangi kebiasaan minum air dingin

Minum air dingin entah itu saat mengonsumsi obat atau tidak memberikan efek pada tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung lebih kental sehingga sulit untuk melewati saluran pernapasan.

Sebagai perbandingan, para peneliti membuktikan bahwa sup hangat dan air panas dapat membantu seseorang lebih mudah bernapas. Jadi jika Anda sedang terkena pilek atau flu, minum air dingin dapat menyebabkan hidung tersumbat lebih parah. 

TAGS:
minum obatAir Dinginkesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...