Adakah Kaitan antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara?
ilustrasi
Kesehatan

Adakah Kaitan antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara?

Selasa, 28 Jan 2020 | 07:18 | Rusmanto

Winnetnews.com - Kanker payudara masih menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang, khususnya kaum hawa. Hal ini disebabkan oleh penyakit ini yang cenderung sulit untuk diobati dan memiliki risiko kematian yang tinggi. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit ini, yakni dengan menurunkan berat badan.

Dampak Penurunan Berat Badan bagi Risiko Kanker Payudara

Penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa wanita yang mengalami masalah kegemukan cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Bahkan, risiko ini akan semakin tinggi jika mereka sudah melampaui usia 50 tahun. Apalagi jika mereka juga tidak menerapkan gaya hidup sehat dan sering terpapar stres.

Dalam penelitian yang melibatkan lebih dari 18 ribu wanita berusia lebih dari 50 tahun yang berasal dari benua Asia, Amerika, dan Australia dalam kurun waktu 10 tahun ini, disebutkan bahwa ada kaitan erat antara berat badan dengan risiko kanker payudara. Hal ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi berat badan para partisispan di fase awal, pertengahan, serta di fase akhir penelitian.

Hasil dari penelitian ini adalah, para partisipan yang mampu menurunkan berat badannya memiliki risiko kanker payudara jauh lebih rendah dibandingkan dengan wanita dengan wanita yang memiliki berat badan stabil atau bahkan yang mengalami masalah obesitas. Jika sampai penurunan berat badan ini mencapai 9 kg, risiko kanker payudara bahkan bisa ditekan dengan signifikan.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa wanita yang mengalami peningkatan berat badan minimal 5 persen dari berat badan di awal penelitian mengalami peningkatan risiko kanker payudara hingga 35 persen. Hanya saja, wanita yang memang sudah mengalami masalah kegemukan di fase awal penelitian, penurunan berat badan tidak begitu berpengaruh pada turunnya risiko kanker payudara.

Dalam penelitian ini, 5 persen wanita didiagnosis terkena kanker payudara di akhir masa penelitian.

TAGS:
kanker payudaraberat badan

RELATED STORIES

Loading interface...