Adakah Kaitan antara Sering Minum Kopi dengan Anemia?
ilustrasi
Kesehatan

Adakah Kaitan antara Sering Minum Kopi dengan Anemia?

Jumat, 12 Jun 2020 | 07:16 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kekurangan asupan zat besi atau defisiensi zat besi merupakan penyebab paling umum dari anemia. Tak hanya karena kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, anemia mungkin terjadi karena terhambatnya penyerapan zat besi dalam tubuh. Salah satu makanan atau minuman yang dipercaya dapat menghambat penyerapan zat besi adalah kopi. Lalu benarkah saat penderita anemia minum kopi, anemia dapat menjadi lebih parah?

Pengaruh kopi dalam menghambat penyerapan zat besi

Sebelumnya Anda perlu tahu bahwa anemia tidak hanya terjadi karena defisiensi zat besi saja. Anemia dapat terjadi karena:

  • Menstruasi berat atau terlalu banyak mengeluarkan darah
  • Kurang asupan asam folat dan vitamin B12

Namun, sebagian besar anemia terjadi karena defisiensi zat besi, terutama pada ibu hamil dan wanita dalam usia reproduktif.

Saat penderita anemia minum kopi, ternyata penyerapan zat besi oleh tubuh jadi terhambat. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa kajian mengenai hubungan kopi dan penyerapan zat besi.

Sebuah kajian yang dilansir di The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 39%. Penelitian lain juga membuktikan bahwa meminum satu bungkus kopi cepat saji (instan) dapat mengurangi penyerapan zat besi 60 hingga 90%.

Ditambah lagi, semakin banyak kopi yang dikonsumsi, semakin sedikit zat besi yang diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, ketika penderita anemia minum kopi dengan makanan yang mengandung zat besi, penyerapannya akan terganggu.

TAGS:
minum kopianemia

RELATED STORIES

Loading interface...