Adakah Khasiatnya Minum Kopi Campur dengan Lemon?
ilustrasi
Kesehatan

Adakah Khasiatnya Minum Kopi Campur dengan Lemon?

Selasa, 28 Apr 2020 | 04:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan yang banyak orang setiap hari. Jika biasanya kopi dicampur dengan susu atau krim, bagaimana jika minum kopi campur lemon? Cara ini sudah mulai dilakukan oleh beberapa orang sebagai alternatif minum kopi. Kopi campur lemon disebut-sebut memiliki khasiat tertentu, benarkah demikian? Hal yang tidak kalah penting diketahui,  apakah aman minum kopi yang dicampur lemon?

Kandungan nutrisi di dalam kopi dan lemon

Kopi dan lemon merupakan dua bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat minuman. Minuman kopi dibuat dengan menyeduh biji kopi yang sudah dipanggang. Dari hasil seduh tersebut, kopi bisa disajikan tanpa campuran atau berbagai campuran hingga menjadi sajian minuman, seperti espresso, cappuccino dan macchiato.

Berbeda dengan kopi, lemon merupakan buah yang termasuk dalam kelompok citrus. Lemon biasa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dicampur dengan teh.

Kedua bahan ini sama-sama memiliki khasiat dan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini kandungan dalam kopi dan lemon beserta khasiat dan efek sampingnya untuk kesehatan:

Kopi

Kopi mengandung beragam nutrisi, yaitu vitamin B2, vitamin B3, magnesium, kalium, dan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Dengan kandungannya tersebut, khasiat kopi termasuk untuk mengurangi risiko terkena diabetes, penyakit parkinson, penyakit hati, dan kanker hati, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Kopi juga mengandung kafein yang dapat membawa manfaat bagi kesehatan, tetapi juga bisa meningkatkan risiko kecemasan bagi yang mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Selain itu, sebagian besar varietas kopi bersifat asam dengan rata-rata PH 4,85 – 5,10. Pada beberapa orang, sifat asam dalam kopi dapat memperburuk kondisi kesehatannya, seperti menimbulkan penyakit asam lambung (GERD), tukak lambung, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Lemon

Sementara itu, lemon terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi, serat, dan berbagai senyawa yang bermanfaat lainnya. Adapun manfaat lemon bagi kesehatan, yaitu untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mencegah penyakit batu ginjal, melindungi dari anemia, mengurangi risiko terkena kanker, serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lemon pun mengandung zat asam yang tinggi sehingga buah ini memiliki sifat asam dengan rata-rata PH 2-3. Sifat asam pada lemon dapat meningkatkan kadar asam pada urine seseorang yang mengonsumsinya. Bila dikonsumsi terlalu berlebihan, lemon dapat menyebabkan erosi gigi, heartburn akibat naiknya asam lambung, serta dehidrasi.

TAGS:
minum kopilemonminuman

RELATED STORIES

Loading interface...