Agar Tahanan Tak Kabur Lagi Dari Lapas, Polisi Sarankan Ini
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto/Foto: Zool WNN
News

Agar Tahanan Tak Kabur Lagi Dari Lapas, Polisi Sarankan Ini

Senin, 8 Mei 2017 | 12:40 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Dengan peristiwa kaburnya 448 tahanan dari Lapas Kelas IIA di Riau, wacana pembenahan rumah tahanan kembali bergulir. Aparat baju coklat juga menyarankan agar tidak terjadi lagi kapasitas berlebih di tiap lapas di Indonesia. Alasannya, kepadatan itu justru bisa memicu berbagai peristiwa lebih luas lagi.

"Kita tahu bahwa kalau rutan atau lapas yang over kapasitas itu merupakan police hazard. Kita bisa bayangkan dalam suatu ruangan yang kapasitasnya 361 tapi bisa diisi 1800-an orang. Itu, kan, merupakan police hazard bagi Polri dan itu suatu hal yang memerlukan penanganan. Khususnya kehadiran polisi untuk melakukan pengamanan itu," kata Kadiv Humas Mabes Polri di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (08/05/2017).

Setyo melanjutkan, sebenarnya antara pihak kepolisian dengan Kemenhukham sudah ada MoU terkait pengamanan itu.

"Sebetulnya pihak Polri dan pihak Kemenkumham khususnya Ditjen PAS itu ada MoU. Kita selalu membantu atas permintaan dari Ditjen PAS. Manakala memerlukan bantuan Polri kami siap. Dan ini kita mengharapkan kerjasama yang baik," lanjut Setyo.

Bentuknya sendiri, tambah Setyo, tanpa mencampuri urusan internal dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

"Sesuai dengan permintaan saja, ini lapas mempunyai prosedur tetap sendiri sementara Polri bertugas di luar rutan," tambahnya.

TAGS:
over capacityLapas RiauKemenhukham

RELATED STORIES

Loading interface...