Agar Terhindar dari Sakit Punggung, Ini Cara Pakai Ransel yang Benar
ilustrasi
Lifestyle

Agar Terhindar dari Sakit Punggung, Ini Cara Pakai Ransel yang Benar

Senin, 15 Jul 2019 | 09:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernahkah Anda merasa nyeri pada punggung setelah memakai ransel? Hati-hati, mungkin saja cara Anda memakai tas ransel yang tidak benar sehingga menyebabkan punggung dan pundak Anda sakit. Agar rasa nyeri tidak sampai mengganggu aktivitas Anda, yuk intip dahulu cara memakai ransel yang baik dan benar.

Memakai ransel kelamaan sebabkan nyeri punggung

image0

Dari kecil, Anda mungkin sudah diwanti-wanti untuk menggunakan ransel dengan benar atau tidak membawa barang berat di ransel dalam keadaan lama. Lantas, apa kira-kira alasannya?

Jawabannya ada pada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa memakai ransel sembarangan bisa menyebabkan sakit punggung.

Pada penelitian yang melibatkan sekitar 5.000 siswa berusia 6-19 tahun diketahui bahwa durasi pemakaian berpengaruh terhadap nyeri punggung.

Setelah dilakukan wawancara, para peneliti menemukan setidaknya 60% pelajar yang memakai ransel menderita nyeri punggung dan pundak. 

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup drastis terkait dampak pemakaian ransel, antara remaja dibandingkan anak-anak yang usianya lebih muda.

Jumlah para remaja yang mengeluhkan sakit punggung ternyata lebih banyak dibandingkan anak-anak yang umumnya membawa beban lebih banyak. 

Rupanya, berdasarkan penelitian tersebut, beban pada ransel Anda terbukti tidak begitu berpengaruh pada nyeri punggung akibat memakai tas. Durasi memakai ransel yang lama-lah yang lebih berperan membuat punggung Anda sakit. 

Oleh karena itulah Anda disarankan untuk meletakkan ransel yang Anda pakai apabila memungkinkan. Misalnya saat harus berdiri di angkutan umum, letakkanlah ransel Anda di bawah, di tempat yang tidak mengganggu orang lain. Hal ini bertujuan agar pundak dan punggung Anda tidak tertekan dalam waktu yang lama.

TAGS:
ranselpunggung

RELATED STORIES

Loading interface...