Agar Tubuh Tetap Sehat, Olahraga Ini Bisa Dilakukan di dalam Rumah
ilustrasi
Lifestyle

Agar Tubuh Tetap Sehat, Olahraga Ini Bisa Dilakukan di dalam Rumah

Rabu, 1 Apr 2020 | 07:44 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Merebaknya wabah COVID-19 membuat kita harus melakukan physical distancing demi memutus rantai penularan virus mematikan tersebut. Salah satu bentuk penerapan physical distancing tersebut adalah dengan tetap berada di rumah. 

Nah, supaya Anda tidak bosan sekaligus menjaga tubuh agar tetap sehat, beberapa jenis olahraga di rumah berikut layak untuk dicoba!

Macam-Macam Jenis Olahraga di Rumah

Berada di dalam rumah selama masa isolasi mandiri seperti sekarang ini seharusnya tidak membuat Anda menjadi tidak aktif menggerakkan tubuh. Biar bagaimanapun, kesehatan tubuh harus senantiasa terjaga agar Anda terbebas dari risiko penyakit, termasuk COVID-19.

Berikut ini ada sejumlah jenis olahraga di rumah yang bisa Anda terapkan setiap hari demi tubuh yang sehat.

1. Jogging

Jangan salah sangka dulu, jogging yang dimaksud kali ini bukan berjalan atau berlari santai di luar rumah seperti yang biasa Anda lakukan.

Alih-alih jogging di luar rumah atau pusat olahraga umum yang tentunya berbahaya di tengah wabah pandemi COVID-19 seperti saat ini, Anda cukup berjalan santai mengelilingi area rumah. Jika rumah Anda bertingkat, Anda bisa mencoba jogging dengan cara menaiki lalu menuruni anak tangga selama beberapa menit.

Selain untuk melatih kekuatan otot tubuh, terutama otot kaki, melakukan jogging di dalam rumah juga efektif untuk menjaga kesehatan organ jantung.

2. Lompat Tali

Jenis olahraga di rumah selanjutnya adalah lompat tali (skipping rope). Ya, kegiatan olahraga yang satu ini memang sangat sederhana namun memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Guna melakukan olahraga ini, Anda hanya membutuhkan alat olahraga di rumah berupa tali skipping yang bisa dibeli di toko peralatan olahraga.

Atau jika Anda sudah memiliki alat olahraga di rumah tersebut namun jarang dipakai, maka isolasi mandiri seperti sekarang ini menjadi momen yang tepat untuk kembali menggunakan alat tersebut.

3. Angkat Beban

Alat olahraga di rumah lainnya selain tali skipping yang bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga di rumah adalah dumbbell.

Dumbbell yang tak lain merupakan versi mini dari barbell ini jika Anda gunakan untuk kegiatan olahraga angkat beban juga efektif untuk melatih dan membentuk otot-otot tubuh. Beberapa jenis olahraga angkat beban yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Lunges
  • Side raises
  • Bicep curls
  • Tricep extensions

Mulailah untuk menggunakan dumbbell dengan bobot yang ringan seperti 1 kilogram. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk menambah beban dumbbell, begitu seterusnya.

4. Push Up

Siapa yang tidak kenal dengan gerakan olahraga yang satu ini? Di masa-masa isolasi mandiri seperti ini, alangkah baiknya jika Anda memperbanyak aktivitas push up di rumah.

Push up adalah aktivitas olahraga yang sederhana, bahkan Anda tidak membutuhkan alat olahraga di rumah untuk melakukannya.

Kendati sederhana, push up memberikan manfaat yang besar bagi kebugaran tubuh. Selain melatih kekuatan otot tangan, jenis olahraga yang satu ini juga efektif untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung.

TAGS:
olahragadi rumah ajakesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...