Ahmad Dhani Dipenjara, Konser Dewa 19 Batal?
Foto:Istimewa
Celebrity

Ahmad Dhani Dipenjara, Konser Dewa 19 Batal?

Selasa, 29 Jan 2019 | 09:17 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com - Musisi Ahmad Dhani terbukti bersalah atas kasus ujaran kebencian lewat akun twitternya dan divonis 18 bulan penjara. Sidang putusan ini digelar pada Senin di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


Sementara itu, band Ahmad Dhani, Dewa 19 diketahui akan menggelar konser pada 2 Februari 2019 di Malaysia. Dengan vonis penjara itu, Ahmad Dhani tidak mungkin menghadiri konser tersebut.

Menurut Once Mekel, vokalis Dewa 19 menegaskan bahwa konser tersebut tetap jadi. "Terus terang saya baru tahu nih tentang apa yang terjadi ke Dhani ya, perkembangan kasusnya. Kalau tentang tanggal 2 Februari itu tetap jadi (konsernya)," kata Once Mekel.

Once mengaku dirinya dan teman Dewa lainnya sudah sempat menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. "Begini, sebenarnya kan saya dan teman-teman sudah antisipasi kemungkinan ini akan terjadi. Kami sudah tahu bahwa Dhani dalam statusnya sebagai tersangka kan. Jadi ini sudah jadi satu kemungkinan yang pahitnya sudah dibayangkan oleh kami, dan oleh promotor Malaysia sebetulnya, bahwa kemungkinan ini bisa terjadi," jelas Once.

image0


Sebelumnya, dalam sidang itu, suami Mulan Jameela itu terbukti bersalah atas kasus ujaran kebencian. Ahmad Dhani melanggar Pasal 45A ayat 2, Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang nomor 19 tahun 2016 tentang infomasi dan Transaksi Elektronik pasal 55 ayat 1 KUHP.

"Menyatakan terdakwa saudara Dhani Ahmad Prasteyo alias Ahmad Dhani terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan," kata hakim ketua Ratmoho saat membacakan amar putusan.

Atas perbuatannnya tersebut, Ahmad Dhani dihukum 1 tahun 6 bulan penjara. Dan saat ini Ahmad Dhani sudah mendekam di rutan Cipinang.

TAGS:
Ahmad DhaniPenjararutan cipinangujaran kebencian

RELATED STORIES

Loading interface...