Ahok: Dua Dinas Kembalikan Gratifikasi Rp 10 M
Politik

Ahok: Dua Dinas Kembalikan Gratifikasi Rp 10 M

Selasa, 12 Jan 2016 | 16:37 | Liani
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bangga dengan Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta serta Dinas Tata Air yang mengembalikan gratifikasi ke KPK. Tak tanggung-tanggung, angka itu mencapai Rp 10 miliar.

"Saya bangga dengan Dinas Perumahan dan Tata Air, mereka mengembalikan gratifikasi hampir Rp 10 miliar. Ini pertama kali saya kira kayaknya KPK terima gratifikasi," ujar Ahok.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan dalam 'Peringatan 1 Tahun BPTSP Provinsi Jakarta serta Launching Antar Jemput Izin Bermotor, SIUP Online, Pemberian IMB Gratis dan Rekor MURI' di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/1/2016).

Ahok menceritakan kala itu Kadis Perumahan dan Gedung Pemda DKI Ika Lestari Adji terlihat sangat ketakutan mendapati gratifikasi yang diterima oleh salah satu kepala bidangnya.

Baca Juga : KMP Terancam Bubar?

Ahok mengungkapkan mungkin dalam sejarahnya pengembalian gratifikasi dari Pemprov DKI bisa dibilang paling besar. "Sepanjang sejarah KPK ini paling besar, karena sebelumnya kan Pak Sudirman Said yang ada cincin berlian Rp 4,5 miliar waktu itu. Kalau ini hampir Rp 10 miliar ini," kata Ahok dengan ekspresi terkejut.

Ahok menyebut untuk Dinas Tata Air mengembalikan sekitar Rp 300 juta. Selain itu, Ahok menaruh kecurigaan terhadap Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta yang hingga kini belum ada laporan gratifikasi.

Meski menaruh kecurigaan, Ahok tidak dapat memaksa setiap kepala dinas harus melapor sekaligus mengembalikan gratifikasi ke KPK. Ahok hanya menunggu kesadaran masing-masing dinas.

Sebelumnya, saat melantik 1.042 PNS DKI eselon II-IV pada Jumat (8/1) lalu Ahok meminta kepada seluruh anak buahnya mengembalikan gratifikasi ke KPK. Sebab kalau tidak, mereka bisa dikenakan pidana Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

disadur dari situs detik-news

TAGS:
Ahok: Dua Dinas Kembalikan Gratifikasi Rp 10 M

RELATED STORIES

Loading interface...