Air Putih dan Air Lemon, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi di Pagi Hari?
Ilustrasi: Medical News Today
Kesehatan

Air Putih dan Air Lemon, Mana yang Lebih Baik Dikonsumsi di Pagi Hari?

Sabtu, 9 Nov 2019 | 14:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Banyak pakar kesehatan yang menyebut jika minum air selepas bangun tidur dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Namun orang terkadang dibuat bingung dengan jenis air apa yang sebaiknya dikonsumsi: air putih biasa atau air perasan jeruk lemon?

Melansir dari Eat This Not That, air putih merupakan asupan utama untuk tubuh dan posisinya memang tidak bisa tergantikan. Namun jika merasa bosan, ada baiknya mengganti air putih dengan perasan jeruk lemon. Baik air putih biasa dan air perasan jeruk lemon sama-sama tidak memiliki kandungan lain, contohnya gula.

“Tubuh kita sekitar 50-60 persen terdiri atas air. Artinya, tubuh memerlukan pasokan air yang cukup untuk bisa berfungsi secara maksimal. Saat kekurangan air atau mengalami dehidrasi, semua organ akan bekerja lebih keras untuk menjalankan fungsinya,” jelas Jennifer Maerng, RD, ahli kuli dari New York City.

Dengan mengonsumsi air secara cukup, maka tubuh akan lebih mudah dalam mengeluarkan racun lewat feses dan urin. Manfaat ini dapat kamu peroleh dengan rutin meminum air perasan jeruk lemon karena terdapat kandungan asam sitrat di dalamnya.

Jennifer juga mengatakan bahwa manfaat yang diperoleh dari minum air lemon disebabkan oleh adanya pengingkatan konsumsi air putih tiap hari. banyak dari orang yang tidak minum air putih secara cukup tiap harinya. Minum air lemon di pagi hari dipercaya dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik sebelum menjalankan aktivitas super padat.

Meskipun disarankan oleh para ahli kesehatan, air perasan lemon ini tidak selamanya aman dikonsumsi. Medical News Today menyebut bahwa air lemon bisa berpotensi untuk menyebabkan gigi berlubang. Untuk mencegah hal ini, kamu disarankan menggunakan sedotan untuk minum air lemon.

Selain itu, jangan langsung menyikat gigi usai minum air lemon. Para ahli kesehayan menyarankan untuk menunggu sekitar satu jam untuk menghilamgkan efek asam. Sikat gigi saat mulut penuh asam dapat mengakibatkan abrasi gigi.

TAGS:
manfaat air putihair lemonperasan air lemonminumpan pagi hari

RELATED STORIES

Loading interface...