Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan untuk Minum Kopi di Malam Hari

Daniel
Daniel

Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan untuk Minum Kopi di Malam Hari Ilustrasi

Winnetnews.com - Selepas lelah seharian bekerja, salah satu hal yang paling enak untuk dinikmati sesampainya di rumah adalah menyeruput secangkir kopi. Bersantai sambil meminum kopi untuk sekadar menghangatkan badan pastinya seringkali dilakukan.

Kegiatan tersebut memang sangat memanjakkan diri Anda untuk melepas lelah. Namun tahukah Anda bahwa meminum kopi di malam hari memiliki efek samping yang sebenarnya tidak baik. Meminum kopi pada malam hari tidak hanya sebatas membuat Anda sulit untuk tertidur.

Menurut informasi yang dilansir dari Independent, sebuah bukti penelitian menunjukkan efek kafein ternyata lebih dari sekadar hanya membuat Anda sulit tertidur. Meminum kopi setara dengan double espresso tiga jam sebelum tidur dapat mengubah jam tubuh Anda kembali ke satu jam lebih awal.

Itu artinya kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin yakni hormon utama tidur di dalam tubuh manusia. Menurut John O’Neill dari Laboratorium Penelitian Medis Biologi Molekuler di Inggris, dampak kafein mengacaukan “jam internal tubuh.”

“Temuan kami memberikan penjelasan lengkap mengapa sebagian orang sulit untuk tidur jika mereka meminum kopi di malam hari, yakni karena jam internal mereka berpikir bahwa tubuh mereka berada dalam kondisi satu jam lebih cepat,” jelas O’Neill menjelaskan dampak kafein pada tubuh.