Amankah Bila Air Seni Berbau Usai Konsumsi Kopi?

Rusmanto
Rusmanto

Amankah Bila Air Seni Berbau Usai Konsumsi Kopi? ilustrasi
Winnetnews.com -  Minum kopi memang bisa memberikan dampak bagi kesehatan. Sebagai contoh, karena memiliki sifat diuretik, kita pun akan lebih sering buang air kecil setelah mengonsumsinya. Hanya saja, jika air seni juga mengeluarkan aroma khas setelah minum kopi, apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Air seni berbau setelah minum kopi

Pakar kesehatan Sonia Dutta, MD yang berasal dari North Shore University Health System, Illinois, Amerika Serikat menyebut kebiasaan minum kopi memang bisa membuat air seni menjadi lebih berbau. Hal ini disebabkan oleh adanya metabolit atau produk sisa dari kopi yang dipecah oleh saluran pencernaan. Metabolit inilah yang kemudian akan mempengaruhi aroma dari air seni saat kita buang air kecil.

Selain itu, kopi termasuk dalam minuman dengan sifat diuretik. Hal ini berarti, mengonsumsinya akan membuat keinginan buang air kecil akan meningkat. Hanya saja, hal ini juga akan membuat urine memiliki konsentrasi lebih padat dan membuatnya menjadi lebih berbau dari biasanya.

Hal ini berarti, perubahan aroma air seni setelah minum kopi sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Hanya saja, jika kita tidak ingin mengalaminya, bisa mulai meminum air putih satu gelas sebelum mengonsumsi kopi sehingga setidaknya mencegah dehidrasi atau urine yang terkonsentrasi.