Anak Kecanduan HP? Ini Tips untuk Atasinya
ilustrasi
Lifestyle

Anak Kecanduan HP? Ini Tips untuk Atasinya

Kamis, 10 Jun 2021 | 10:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Anak kecanduan handphone (hp) menjadi keluhan banyak orang tua belakangan ini. Bagaimana cara menghilangkan kecanduan hp?

Saat ini, hp merupakan alat komunikasi yang banyak digunakan di seluruh dunia. Sifatnya yang multifungsi menjadikan hp diperlukan oleh banyak orang, bahkan sebagian ada yang tidak bisa lepas darinya.

Tak jarang, banyak orang yang menggunakan hp secara berlebihan dan cenderung mengalami kecanduan. Padahal, kecanduan hp memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan mental seseorang.

Biasanya, kecanduan hp dialami oleh orang-orang yang memasuki masa remaja. “Cell phone addiction and psychological and physiological health in adolescents” menunjukkan bahwa penggunaan gadget mencapai puncaknya selama masa remaja dan secara bertahap menurun setelahnya.

Penggunaan hp yang berlebihan di kalangan remaja sangat umum sehingga 33 persen anak berusia 13 tahun tidak pernah mematikan gadget mereka, siang atau malam. Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa semakin muda usia anak terpapar gadget, semakin besar risiko kecanduan hp.

Gejala kecanduan hp

Melansir dari Healthline, ada beberapa gejala yang tampak ketika seseorang mengalami kecanduan hp. Beberapa tanda kecanduan hp antara lain sebagai berikut.

  • Meraih hp saat sendirian atau bosan
  • Bangun beberapa kali di malam hari untuk memeriksa hp
  • Merasa cemas, kesal, dan cepat marah ketika jauh dari hp
  • Menghabiskan banyak waktu di depan hp
  • Mengganggu pekerjaan, tugas sekolah, dan hubungan dengan orang di sekitar
  • Gampang kambuh ketika mencoba membatasi penggunaan.

Efek samping kecanduan hp

Salah satu ciri dari kecanduan apa pun adalah mempertahankan perilaku kompulsif, bahkan jika dapat menyebabkan konsekuensi negatif yang parah. Sebuah penelitian berjudul “Cell phone addiction and psychological and physiological health in adolescents” meneliti dampak penggunaan hp pada remaja.

Hasilnya, orang yang terlalu sering menggunakan hp mungkin mengalami hal-hal berikut. kegelisahan depresi kurang tidur dan insomnia konflik hubungan prestasi akademik atau kerja yang buruk.

Selain itu, studi lain berjudul “The attentional cost of receiving a cell phone notification” menunjukkan bahwa orang yang kecanduan gadget dapat menyebabkan seseorang sulit fokus ketika mengerjakan pekerjaan-pekerjaannya.

TAGS:
gaya hidupkecanduan hp

RELATED STORIES

Loading interface...