Ancaman Tsunami Bikin Warga Pesisir Selatan Meksiko Ketakutan

Khalied Malvino

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ancaman Tsunami Bikin Warga Pesisir Selatan Meksiko Ketakutan
Sejumlah warga di Oaxaca, Meksiko nampak panik dan berhamburan keluar pasca gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang wilayah setempat dan menimbulkan ancaman tsunami lokal. (Foto: El Sol de Mexico)

Winnetnews.com - Ancaman tsunami membuat masyarakat di area pesisir Samudera Pasifik ketakutan, Selasa (23/6). Gubernur Oaxaca, Alejandro Murat mengungkapkan, sebelum ancaman tsunami lokal muncul, bagian selatan Meksiko ini digoyang gempa bermagnitudo 7,4 dan menewaskan satu orang.

Badan Geologis Amerika Serikat (AS) menyatakan, gempa berlokasi di 69 km Timur Laut Pocutla, Meksiko. Kedalaman gempa mencapai 26 km dari permukaan tanah.

Mengutip Ayobandung, Rabu (24/6), Badan Seismologis Meksiko menambahkan, tsunami lokal sempat muncul di pesisir Oaxaca dengan peningkatan tinggi permukaan laut mencapai 60 cm di Pantai Huatulco, yang menjadi tujuan wisata para turis lokal dan asing.

Ancaman tsunami ini terekam di media sosial yang menayangkan air laut sempat surut di Oaxaca. Pihak berwenang pun mengimbau para turis dan warga setempat agar menjauhi wilayah pesisir tersebut.

Gempa bermagnitudo 7 atau lebih diketahui bisa menimbulkan dampak buruk yang menjalar. Sebelumnya pada 2017 gempa magnitudo 7,1 yang mengguncang bagian tengah Meksiko menewaskan 355 korban jiwa.
 
Gempa kali ini sempat memicu peringatan dini tsunami di area pesisir Samudera Pasifik di Meksiko serta Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Badan Kelautan dan Atmosferik Amerika Serikat menginformasikan kemungkinan ombak hingga satu meter mungkin menghantam pesisir Meksiko.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...