Angela Merkel 'Person of the Year 2015'
Viral

Angela Merkel 'Person of the Year 2015'

Kamis, 10 Des 2015 | 20:30 | Rusmanto
WinNetNews.com - Majalah TIME menobatkan Kanselir Jerman, Angela Merkel sebagai 'Person of the Year' atau tokoh tahun 2015. Kepemimpinannya menghadapi krisis imigran yang melanda Uni Eropa menjadikan Merkel sebagai sosok berpengaruh dunia.

Alasan majalah TIME memilih Merkel, editor pelaksana Nancy Gibbs menyatakan bahwa adanya krisis baik ekonomi maupun imigran membuat banyak pihak bertanya-tanya apakah Eropa akan terus bertahan. Gibbs menyebut Merkel sebagai tokoh yang sangat diperlukan dunia. Dalam sampulnya, TIME menyebut Merkel sebagai 'Chancellor of the Free World'.

image0

 

"Karena memberikan lebih banyak untuk negaranya dari yang berani diminta kebanyakan politikus lainnya, karena berjuang melawan tirani juga berani mengambil risiko dan karena menunjukkan kepemimpinan moral yang teguh di dunia di mana hal semacam itu langka, Angela Merkel merupakan TIME's Person of the Year," sebut Gibbs seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (10/12/2015).

Majalah TIME juga menekankan bahwa kepemimpinan Merkel, tidak hanya untuk Jerman namun juga untuk dunia. Merkel menjadi sorotan ketika memimpin negara-negara Barat saat mengecam kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin terhadap Ukraina dan juga saat menyambut, bahkan secara langsung, para pengungsi dan imigran yang masuk ke Jerman.

Merkel menempati posisi teratas mengalahkan finalis lainnya seperti bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump yang ada di posisi ketiga dan pemimpin militan radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi yang ada di posisi kedua.

Gelar 'Person of the Year' dari majalah TIME menjadi penghargaan bergengsi setiap tahunnya dan menjadi semacam pengakuan majalah ternama itu kepada tokoh dan sosok berpengaruh yang menjadi newsmaker terbesar dunia.

Tahun 2014 lalu, gelar 'Person of the Year' dipegang oleh para pekerja medis yang menangani wabah Ebola di Afrika. Sedangkan tahun 2013 jatuh ke tangan pemimpin Vatikan Paus Fransiskus dan dua tahun sebelumnya dipegang Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang meraih gelar ini dua kali.

disadur dari situs detik news

TAGS:
Majalah TIME

RELATED STORIES

Loading interface...