Anjuran DPR Sebelum Full Day School Diterapkan
Nasional

Anjuran DPR Sebelum Full Day School Diterapkan

Selasa, 9 Agt 2016 | 14:08 | Rusmanto
WinNetNews.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mendukung wacana full day school (FDS) yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Namun, dia memberikan dua syarat yang harus dipenuhi sebelum pelaksanaan FDS.

"Saya setuju gagasan FDS, karena waktu di sekolah lebih lama sehingga target kurikulum bisa dituntaskan sesuai tujuan pendidikan nasional," kata Fikri saat dihubungi di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Menurut politikus PKS itu, FDS dapat membantu mengejar target kurikulum, dan menjadi sebagai salah satu cara memproteksi siswa dari pengaruh negatif di luar sekolah.

Jika FDS diterapkan kelak, Fikri berpesan agar pemerintah melaksanakan dua syarat.

Pertama, melakukan berbagai penyesuaian, di antaranya pengarahan kepada guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengisi waktu setelah proses belajar mengajar selesai.

Kedua, pemerintah harus memerhatikan sarana dan prasarana sehingga tujuan awal FDS dapat tercapai.

Jika kedua syarat tersebut belum dipenuhi, maka pemerintah dianjurkan tidak memaksakan sistem FDS diterapkan di seluruh sekolah. Wacana tersebut dapat diterapkan jika kedua syarat di atas terpenuhi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggagas sistem full day school dengan alasan agar anak tidak sendiri ketika orang tua mereka bekerja.

"Dengan sistem full day school ini, secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang bekerja," kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu, 7 Agustus 2016.

Menurut Mendikbud, jika anak-anak tetap berada di sekolah, maka mereka bisa menyelesaikan tugas sekolah sampai tiba saatnya dijemput orang tua seusai jam kerja, sehingga ketika berada di rumah, anak tetap dalam pengawasan orang tua.

TAGS:
Muhadjir EffendyFull Day SchoolUniversitas Muhammadiyah Malang

RELATED STORIES

Loading interface...