ANRI Restorasi Dokumen Basah BPN Kota Bekasi
Dokumen basah milik BPN Kota Bekasi bakal direstorasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). [Foto: Merdeka.coim]
Nasional

ANRI Restorasi Dokumen Basah BPN Kota Bekasi

Jumat, 3 Jan 2020 | 19:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Sejumlah dokumen pertanahan di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, basah akibat banjir pada Rabu (1/1) hingga Kamis (2/1). Dokumen yang basah tersebut akan direstorasi oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Banjir karena jebolnya tembok di sebelah kanan kantor BPN Kota Bekasi," kata Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan pada Kementerian ATR/BPN RI, Nurhadi Putra di kantor BPN Kota Bekasi, Jumat (3/1) seperti dikutip Merdeka.com.

Menurut dia, tembok setinggi satu meter lebih merupakan pembatas lingkungan kantor BPN dengan saluran di kawasan Karang Kitri. Jebolnya tembok tersebut membuat air memenuhi area basement yang terdapat gudang arsip pertanahan.

"Dokumen yang tidak di atas rak terendam, ini bencana yang tidak bisa dikira-kira," kata Nurhadi.

Ia mengatakan, cukup banyak dokumen yang basah akibat banjir. Sebagian sudah dievakuasi ke tempat lebih tinggi. Merdeka.com melihat tumpukan dokumen basah berjejer menumpuk hingga sepanjang 10 meter lebih.

"Sebagian belum dievakuasi," katanya.

Ia mengatakan ada dua jenis dokumen yang terendam banjir. Pertama, kata dia, dokumen arsip hidup yang harus direstorasi, dan dokumen mati yang dapat dimusnahkan. Untuk merestorasi ini, pihaknya menggandeng Arsip Nasional RI (ANRI).

"Yang aktif itu seperti program PTSL, kalau yang tidak aktif seperti dokumen Roya. Tapi sebagian besar yang kita kelompokkan adalah dokumen tidak aktif," ucap dia.

Menurut dia, pihak arsip nasional telah merespon permintaan bantuan restorasi dokumen yang basah. Hari ini, kata dia, pihak Anri langsung meninjau lokasi untuk segera mengambil langkah-langkah selanjutnya sesuai prosedur. [merdeka]

TAGS:
ANRIDirestorasipertanahanBPNBekasibanjirdokumen

RELATED STORIES

Loading interface...