Apakah Depresi Pengaruhi Produktivitas Kerja?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Apakah Depresi Pengaruhi Produktivitas Kerja?
WinNetNews.com - Banyak dari masyarakat yang merasa depresi, entah itu karena masalah pribadi atau masalah pekerjaan mereka. Namun apakah depresi dapat memperngaruhi produktivitas pekerjaan?

Menurut peneliti asal India, mengukur seberapa depresinya seorang pasien yang merespon pemulihan melalui pemantauan atau produktivitas pekerjaannya. Studi ini melacak produktivitas kerja dan gejala depresi pada 331 pasien dengan depresi berat melalui interval enam minggu, tiga bulan, dan tujuh bulan setelah mereka melalui pengobatan.

Para peneliti menemukan bahwa cara memperbaiki produktivitas kerja hanya untuk sebagian besar peserta, kecuali bagi mereka yang memiliki produktivitas yang meningkat lebih cepat, memang menunjukkan penurunan yang disebut gejala depresi dan besar kemungkinannya untuk memulihkan dalam jangka panjang.

Temuan ini menunjukkan bahwa pasien yang dirawat karena depresi dan yang masih mengalami masalah produktivitas kerja mungkin perlu perawatan tambahan seperti latihan atau terapi kognitif untuk mengatasi depresi dalam jangka panjang, kata penulis senior Madhukar Trivedi, Profesor di University of Texas Southwestern Medical Centre.

Dari pengalaman ini menunjukkan bahwa seorang dokter harus ada pendekatan personalisasi, lebih dari sekedar sebuah resep antidepresan , untuk mempercepat proses pemulihan.

"Mereka yang tidak menunjukkan perbaikan di awal produktivitas kerja adalah kelompok yang berbeda untuk pasien daripada mereka yang melakukan," kata Trivedi. "Menemukan rumus yang tepat yang bekerja untuk setiap pasien akan menjadi bagian penting untuk penelitian di masa depan - pengobatan menyesuaikan untuk setiap pasien," katanya, dikutip dari Boldsky .