Arab Saudi dan 4 Negara Lain Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar, Minyak Dunia Naik

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Arab Saudi dan 4 Negara Lain Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar, Minyak Dunia Naik
Foto: abcnews

WinNetNews.com - Empat negara-negara Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar Senin pagi, dan pemimpin Bahrain telah memberikan waktu selama 14 hari untuk meninggalkan negara tersebut.

Keputusan tersebut berawal dari keretakan antara negara-negara Teluk Arab atas dukungan Qatar terhadap kelompok-kelompok Islam (ISIS).

Bahrain, Mesir, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab semua mengumumkan bahwa mereka akan menarik staf diplomatik mereka dari Qatar, sebuah negara yang kaya gas yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 FIFA.

Arab Saudi mengatakan bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk "perlindungan keamanan nasional" dan pasukan Qatar akan ditarik dari perang yang sedang berlangsung di Yaman. Bahrain menyalahkan desakan Qatar saatmerongrong "keamanan dan stabilitas" negara kepulauan kecil tersebut dan mencampuri urusan dalam negeri untuk keputusan tersebut.

Sejak saat itu, Qatar berulang kali dan membantah keras mendanai kelompok ekstremis. Namun, tetap menjadi pelindung keuangan utama Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan telah menjadi rumah pejabat Hamas yang diasingkan Khaled Mashaal sejak tahun 2012. Pejabat Barat juga menuduh Qatar mengizinkan atau bahkan mendorong pendanaan ekstremis Sunni seperti cabang al-Qaida di Suriah, yang dulu dikenal sebagai Nusra Front.

Harga minyak global naik 1,24 persen menjadi $ 50,57 per barel pada awal perdagangan Senin di Asia di tengah krisis diplomatik. Bursa Qatar turun 7,65 persen.

Kuwait, yang sebelumnya telah mencoba menengahi krisis, tidak cepat berkomentar.

Krisis tersebut terjadi setelah kunjungan Presiden AS Donald Trump ke Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin Arab. Sejak pertemuan tersebut, kerusuhan di wilayah tersebut telah berkembang.

Pada konferensi Saudi tersebut, Trump bertemu dengan emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

"Kami berteman, kita sudah berteman lama, bukan?" Trump bertanya pada rapat itu. "Hubungan kami sangat bagus." tambahnya.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...