Arab Saudi Siap Kirim Pasukan ke Suriah
istimewa
Internasional

Arab Saudi Siap Kirim Pasukan ke Suriah

Rabu, 18 Apr 2018 | 16:21 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir menegaskan kesediaan negara tersebut untuk mengerahkan pasukan ke Suriah, sebagai bagian dari upaya-upaya yang dipimpin Amerika Serikat untuk mengembalikan stabilitas negara konflik tersebut.

"Kami sedang dalam pembahasan dengan AS dan ini (pembahasan) telah berlangsung sejak awal krisis Suriah (tahun 2011) mengenai pengiriman pasukan ke Suriah," kata Jubeir dalam konferensi pers bersama Sekjen PBB Antonio Guterres di Riyadh, Saudi seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (18/4/2018).

Hal tersebut disampaikan Jubeir menanggapi pemberitaan media AS, Wall Street Journal bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump sedang berusaha membentuk sebuah pasukan Arab, yang termasuk pasukan dari Saudi dan Uni Emirat Arab, untuk menggantikan kontingen militer AS di Suriah.

Jubeir menekankan, proposal untuk mengirimkan pasukan Saudi sebagai bagian dari koalisi internasional yang lebih luas, bukanlah hal baru.

"Kami membuat proposal ke pemerintahan Obama (pemerintahan AS sebelumnya) bahwa jika AS mengirimkan pasukan... maka Arab Saudi akan mempertimbangkan bersama negara-negara lain untuk mengirimkan pasukan sebagai bagian dari kontingen ini," tuturnya.

Sebelumnya pada Sabtu (14/4) lalu, AS beserta Inggris dan Prancis melancarkan serangan rudal ke Suriah menyusul dugaan serangan kimia di Douma pada 7 April lalu. 

AS dan sekutu-sekutunya menyebut rezim Presiden Bashar al-Assad mendalangi serangan kimia yang menewaskan puluhan warga sipil termasuk perempuan dan anak-anak itu. Rezim Assad telah membantah keras tuduhan tersebut. 

Sebelum serangan rudal AS cs tersebut, Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman mengindikasikan bahwa kerajaan tersebut akan mendukung aksi militer internasional di Suriah. (detikcom)
 

TAGS:
Menteri Luar Negeri Arab SaudiAdel al-JubeirKrisis SuriahPangeran Mohammed bin SalmanAntonio Guterres

RELATED STORIES

Loading interface...