AS Beri 'Angin Segar' Demonstran Hong Kong
Wapres AS, Mike Pence dukung demonstran Hong Kong. [Foto: CNBC.com]
Internasional

AS Beri 'Angin Segar' Demonstran Hong Kong

Jumat, 25 Okt 2019 | 15:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Aksi demonstrasi yang masih berlanjut di Hong Kong sejak Juni 2019, kini mendapat dukungan penuh dari Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS), Mike Pence.

Menurut Pence, pihak AS yang melontarkan kritikan terhadap pemerintah China perihal pembatasan hak dan kebebasan di Hong Kong, bahkan memicu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Kami mendukung Anda, kami terinspirasi oleh Anda. Kami mendesak Anda untuk tetap berada di jalur protes tanpa kekerasan," seru Pence seperti dikutip SINDOnews.com dari Channel News Asia, Jumat (25/10).

Pence lantas menyoroti apa yang dilakukan China dalam menghadapi aksi protes pro-demokrasi yang telah mengguncang Hong Kong selama lebih dari empat bulan.

Presiden AS, Donald Trump telah memperingatkan sebelumnya bahwa akan lebih sulit bagi Washington untuk membuat perjanjian perdagangan dengan Beijing jika ada kekerasan di bekas jajahan Inggris itu.

"Hong Kong adalah contoh nyata dari apa yang bisa terjadi ketika China merangkul kebebasan," ujar Trump.

"Namun, selama beberapa tahun terakhir, Beijing telah meningkatkan intervensi di Hong Kong dan terlibat dalam tindakan yang membatasi hak dan kebebasan yang dijamin rakyat Hong Kong melalui perjanjian internasional yang mengikat," tukasnya.

TAGS:
Hong KongWakil PresidenAmerika SerikatMike PenceChina

RELATED STORIES

Loading interface...