Asal Usul Seragam Pramuka
Foto:Ilustrasi
Viral

Asal Usul Seragam Pramuka

Selasa, 14 Agt 2018 | 16:07 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com- 14 Agustus adalah hari jadinya Pramuka. Seperti yang kita ketahui, Pramuka indentik dengan warna coklat. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, seragam serba cokelat ini pun juga dipakai saat Hari Pramuka Indonesia yang ke-57 tahun ini. 

Seragam Pramuka berfungsi sebagai identitas untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Tidak hanya itu, penggunaan seragam Pramuka juga dibuat agar anggota yang mengenakannya dapat berakhlak sesuai Satya dan Dharma Pramuka.

Ternyata ada banyak alasan kenapa warna coklat menjadi identik dengan Pramuka. Pertama adalah alasan untuk mengenang jasa pahlawan. Konon, cokelat adalah warna yang mendominasi di medan perang. Warna itu digunakan oleh sederet pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah merebut kemerdekaan.


Hal itu secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka. Warna cokelat juga diyakini sebagai metafora tanah dan air di seantero Nusantara.  

Warna cokelat muda pada kemeja mencerminkan air yang mengalir di seluruh negeri. Sementara itu, warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di Indonesia. Sementara warna merah-putih pada setangan leher bermakna bahwa anggota Pramuka harus siap mempertahankan kibaran bendara di tanah airnya.


Alasan ketiga adalah warna cokelat tunas kelapa sebagai perlambang Pramuka yang diciptakan oleh salah satu tokohnya, Soenardjo Atmodipurwo.

Tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa. Buah kelapa yang tahan lama menggambarkan sifat anggota Pramuka yang kuat secara jasmani dan rohani. 

Dan yang terakhir adalah alasan yang menurut pada sejarah awal gerakan kepanduan dunia. Sebagai pencetus Pramuka, Lord Baden Powell getol berpetualang mengelilingi bukit, gunung, hutan, dan laut.

Kotor karena tanah dan lumpur adalah hal yang biasa baginya. Medan perjalanan yang dipenuhi oleh tanah dan lumpur pelan-pelan membikin pakaiannya berubah warna menjadi cokelat. Oleh karena itu, Powell menginisiasikan agar warna cokelat menjadi seragam anggota Pramuka.
 

TAGS:
hari pramuka14 agustusseragamcoklat

RELATED STORIES

Loading interface...