Asyiiik! Pesepeda Bakal Punya Jalur Khusus di Jakarta

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Asyiiik! Pesepeda Bakal Punya Jalur Khusus di Jakarta Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengayuh sepeda pada uji coba jalur sepeda di Jakarta, Jum'at (20/9/2019). [Foto: Suara.com]

Winnetnews.com - Pengendara sepeda kini bakal bisa menikmati jalur khusus di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta akan melakukan uji coba jalur sepeda 20 September hingga 19 November 2019.

Jalur khusus sepeda ini dilarang dilintasi kendaraan bermotor roda dua. Jika kendaraan roda dua masih nekat melintas, akan dikenakan denda bukti pelanggaran (tilang). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Syafrin Liputo.

"Jadi sesuai dengan UU No 22 2009 terdapat pelanggaran rambu akan dikenakan denda Rp 500 ribu," ujar Syafrin di Balai Kota, Jakarta Pusat seperti dikutip Suara.com, Jumat (20/9/2019).

Karena masih tahap uji coba, ia menyebut masih melakukan persiapan untuk pelaksanaan aturan tersebut. Syafrin ingin agar aturan tersebut diberlakukan.

"Tentu kita akan dorong begitu, ini (jalur sepeda) dipermanenkan, aturan ini diberlakukan," kata Syafrin.

Syafrin mengatakan sesuai UU nomor 22 tahun 2009, pengendara kendaraan bermotor harus memprioritaskan pejalan kaki dan pesepeda. Setelah jalurnya selesai diresmikan, maka ia akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menerapkan penilangan.

"Uji coba akan dilakukan sampai dengan 19 November, Setelah itu Kita koordinasikan ke penegakan hukum," pungkasnya.

Sebelumnya Gubernur Jakarta Anies Baswedan beserta sejumlah pejabat Pemprov DKI menggelar uji coba jalur sepeda dari Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, menuju ke Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019) pagi. Jalur ini merupakan fase pertama pembuatan jalur sepeda di ibu kota.

Uji coba dilakukan dengan bersepeda bersama Kedinasan terkait seperti Dinas Perhubungan, Bima Marga, dan Lingkungan Hidup. Selain itu kegiatan ini juga diikuti sejumlah komunitas pesepeda di Jakarta.