Asyik! Sri Mulyani Bakal Beri Handphone dan Pulsa Gratis untuk Pelajar
Foto: CNBC Indonesia
News

Asyik! Sri Mulyani Bakal Beri Handphone dan Pulsa Gratis untuk Pelajar

Rabu, 12 Agt 2020 | 10:20 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan memberi bantuan sosial (bansos) untuk pelajar berupa handphone serta pulsa yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi virus corona (Covid-19).

Sri Mulyani menjelaskan, kebijakan mengenai pemberian bansos berupa handphone dan ponsel untuk pelajar ini tengah dipersiapkan oleh pemerintah pusat. Namun, ia memastikan tak semua pelajar akan mendapat stimulus bantuan tersebut.

Menurutnya, pelajar yang akan mendapat bantuan hanya yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sri menilai banyak pelajar yang kesulitan mengakses pelajaran secara online karena keterbatasan yakni tidak memiliki handphone. 

Jika memiliki ponsel sekali pun, tak jarang pelajar yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli pulsa atau kuota internet.

"Apakah karena tidak memiliki handphone atau tidak bisa membeli pulsa (jadi tak bisa belajar)? ini menjadi sebuah tantangan yang harus kita pecahkan," kata Sri Mulyani pada Selasa (11/8).

Oleh karenanya, Sri mengungkapkan pihaknya kini tengah dalam proses pembahasan mengenai bantuan ini dengan instansi terkait yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pembahasan tersebut termasuk soal rancangan stimulus pemberian bantuan untuk para pelajar, utamanya yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Kami sedang pecahkan bersama, bagaimana caranya agar kami bisa membantu," ucap Sri Mulyani.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim sebelumnya juga telah memberi izin  kepada pihak sekolah untuk memanfaatkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk keperluan lain seperti pembelian pulsa atau kuota internet untuk para guru dan murid demi kelangsungan kegiatan belajar secara online.

"Jadi, dana BOS itu 100 persen fleksibel. Bisa digunakan untuk membayar kuota, data, atau pulsa para guru dan murid,” ujar Nadiem.

TAGS:
Sri Mulyanistimulus ekonomipembelajaran jarak jauh

RELATED STORIES

Loading interface...