Aturan Baru PPKM: Mal Buka hingga Pukul 21.00, Kapasitas Dine In Jadi 50 Persen

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Aturan Baru PPKM: Mal Buka hingga Pukul 21.00, Kapasitas Dine In Jadi 50 Persen
Ilustrasi dine in

Winnetnews.com -  Pemerintah resmi memperpanjang penerapan PPKM Level 3 di wilayah  Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya selama sepekan sejak 31 Agustus yang akan berlaku hingga 6 September 2021 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut keputusan ini sejalan dengan angka positivity rate dan tingkat keterisian rumah sakit yang terus menurun dalam sepekan terakhir.

"Untuk itu, pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021 sebagai berikut, untuk wilayah Jawa Bali terdapat penambahan aglomerasi yang masuk level 3 yakni Malang Raya dan Solo Raya, sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan PPKM minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya," tutur Jokowi saat memberikan keterangan pers, Senin malam (30/8).

Terkait dengan implementasi aturan di lapangan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan ada sejumlah pelonggaran.

Ia mengatakan dalam PPKM Level 3 hingga 6 September nanti, kapasitas makan di tempat (dine-in) di restoran dinaikkan menjadi 50 persen. Kemudian, jam operasional mall juga diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

"Covid makin baik dan protokol kesehatan terus dijalankan. Ada penyesuaian aktivitas kapasitas dine-in jadi 50% dan jam operasional mal diperpanjang jadi 21.00 WIB, uji coba dilakukan di 1000 outlet di luar mal dan ruang tertutup dengan kapasitas 25% di Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Semarang," tuturnya dalam konferensi pers, Senin (30/8).

Seperti diketahui, dalam aturan sebelumnya restoran, kafe, rumah makan diizinkan buka sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dengan ketentuan kapasitas maksimal  25%, satu meja maksimal 2 orang, dan waktu makan maksimal 30 menit yang pengaturan teknisnya oleh pemerintah daerah. 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...