Aturan Diubah, Jokowi Izinkan Rektor UI Rangkap Jabatan Komisaris BUMN
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Nasional

Aturan Diubah, Jokowi Izinkan Rektor UI Rangkap Jabatan Komisaris BUMN

Rabu, 21 Jul 2021 | 12:35 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -   Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengizinkan rektor Universitas Indonesia (UI) rangkap jabatan sebagai komisaris BUMN. Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI yang menggantikan aturan sebelumnya Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI. 

"Benar, sudah ada PP Nomor 75 Tahun 2021 dan sudah diundangkan," kata Kepala Bagian Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Tubagus Erif Faturahman kepada dikutip dari detikcom, Selasa (20/7).

Diketahui, PP  75 Tahun 2021 tentang Statuta UI itu ditandatangani Jokowi pada 2 Juli 2021, dan berlaku pada hari tersebut juga. 

Dalam aturan versi lama, seperti yang tertuan pada Pasal 35 huruf c, rektor UI dilarang merangkap jabatan sebagai komisaris. Pasa tersebut juga menyebutkan  rektor dilarang menjabat pada BUMN/BUMD/ataupun swasta, maka otomatis menjadi komisaris juga dilarang.

Pada Statuta UI terbaru, larangan rektor UI merangkap jabatan juga masih ada, namun tidak secara umum, melainkan hanya disebtukan rektor UI dilarang merangkap menjadi 'direksi' BUMN/BUMD/swasta. Sehingga tak ada larangan rektor UI merangkap jabatan, kecuali menjadi direktur di suatu perusahaan.

TAGS:
JokowiUniversitas Indonesiarektor ui

RELATED STORIES

Loading interface...